ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TEPUNG PADA PT. XYZ UNTUK MENGURANGI RETURN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC)

Oqni Huda Nurqodzbari(1), Efta Dhartikasari P(2*), Hidayat Hidayat(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik
(2) Universitas Muhammadiyah Gresik
(3) Universitas Muhammadiyah Gresik
(*) Corresponding Author

Sari


PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi tepung terigu. Dibalik panjangnya proses produksi tepung terigu, terdapat permasalahan yang akhirnya berdampak pada kualitas produk yang menimbulkan kecacatan. Adannya kecacatan produk seperti produk yang terkontaminasi dan produk yang rusak. Pada penelitian ini menggunakan metode QCC (Quality Control Circle) dan pada tahap pengolahan data ini dibantu dengan 5 alat bantu statistik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengendalian kualitas pada produk tepung terigu di PT. XYZ. Hasil dari pengolahan data bahwa kerusakan yang terjadi pada PT. XYZ diluar batas kendali, seperti hasil analisis menggunakan peta kendali menunjukkan jika terdapat beberapa titik yang keluar dari batas kendali. Maka dari itu PT. XYZ perlu melakukan pengendalian kualitas menggunakan Quality Control Circle dan, serta melakukan tindakan lebih lanjut terhadap penerapan SOP saat bekerja. 

Kata Kunci:  Pengendalian KualitasQCCTepung Terigu, Produk Cacat


Teks Lengkap:

PDF 66-74

Referensi


Farchiyah, F. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Spanduk Dengan Metode Seven Quality Control Tools (7 Qc) Pada Pt. Fim Printing. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 16(1), 36–47.

https://doi.org/10.33005/tekmapro.v16i1.187

Haryanto, E. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknik, 8(1). https://doi.org/10.31000/jt.v8i1.1595

Idris, I., & Aditya Sari, R. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknovasi, 03(1), 66–80.

Iskandar, N. (2022). Analisis Quality Control Produk Umpak Tiang Lampu Menggunakan Metode Quality Control Circle. 24(2), 10–18.

Kurnadi, K., Marsudi, M., & Maulana, Y. (2020). Analisis Pengendalian Produk Cacat Pada Kayu Lapis Menggunakan Sqc (Statistical Quality Control) Pada Pabrik Pt. Wijaya Tri Utama Plywood Industry. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 3(2).

https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jieom/article/view/4998

Nitafiyah, Z., Kaseng, S., & Syamsuddin, S. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Koran Pada Pt. Radar Sulteng Membangun Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(3), 287–297. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i3.160

Nursyamsi, I., & Momon, A. (2022). Analisa Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools untuk Meminimalkan Return Konsumen di PT. XYZ. Jurnal Serambi Engineering, 7(1), 2701–2708. https://doi.org/10.32672/jse.v7i1.3878

Prakoso, S., & Putra, Y. A. (2020). Pengendalian Kualitas Twisted Cable Dengan Metode Seven Tools Dan Quality Control Circle ( Qcc ) Di Pt Voksel Electric Tbk. Jupiter: Journal of Computer & Information, 1(2), 89–108.

Rusman dan Rony Prabowo. (n.d.). Penerapan Quality Control Circle dalam Memperbaiki Kualitas pada Jurusan Teknik Industri , Fakultas Teknologi Industri. 495–500.

Saputra, A. E., & Mahbubah, N. A. (2021). Analisis Seven Tools Pada Pengendalian Kualitas Proses Vulkanisir Ban 1000 Ring 20 di CV Citra Buana Mandiri Surabaya. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(3), 252. https://doi.org/10.30998/string.v5i3.8465

Yulianto, A. T. R. I. (2018). Meminimalkan Return Customer Dengan Metode Qcc Dan Qlf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v6i1.10360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.