METODE PERANCANGAN SISTEM SCADA PADA SISTEM KELISTRIKAN UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

imam ubedillah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pemantauan dari penggunaan dan penghasilan energi PLTS merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan energi, sehingga penggunaan energi yang berlebihan akan dapat dihindari dan penggunaan energi tersebut akan semakin tepat guna yang diimplementasikan dengan sistem yang mendukung seperti pemantauan, pengkontrolan perangkat dan pengolahan data, pada sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) ini memuat sebuah sistem pengawasan dan pengendalian dengan cara melakukan pengumpulan dan analisa data secara real time dan dapat diakses melalui Komputer. Aplikasi server dibuat dengan programming Visual Basic yang digunakan untuk pemantauan data secara real-time, melakukan pengkontrolan perangkat keras dan data sensor disimpan kedalam database agar dapat menampilkan history data maupun untuk pengolahan data lain.

 

 

Kata Kunci : PLTS, SCADA, Arduino, SQL Server , Visual Basic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agfianto. 2009. SCADA, (Online), (http://agfi.staff.ugm.ac.id/blog/index.php/2009/03/tutorial-scada-1-apamanfaat-scada-bagi-anda).

Assisten, Tim. 2010. 8 Th Basic Automation Training Module. Bandung : Laboratorium Sistem Produksi & Automasi IT Telkom.

Automation. 2010. ARC Advisory Group , (Online), (http://www.automation.com/content/arc-advisory-electric-power-scadamarket-to experience-resurgence-in-growth).

Groover, M.P., 2001. Otomasi, Sistem Produksi, dan Computer-Integrated

Manufacturing. Surabaya: Guna Widya.

Gordon, C., Baily, D., Wright, E., 2003, “Practical SCADA Modern Protocol,”

IDC Technologies, Australia.

“Vijeo Citect Training Manual,” Schneider Electric, Australia, 2009.

Prasetia, Widodo, 2004, “Teori dan Praktek Interfacing Port Parallel dan Port

Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0,” Penerbit Andi, Yogyakarta.

“Quickstart Tutorial Vijeo Citect v7.0,” Schneider Electric, Australia, 2009.

M. Rizal Fachri, Ira Devi Sara, dan Yuwaldi Away (2015), Pemantauan Parameter Panel Surya Berbasis Arduino secara Real Time. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 11,No. 4, Agustus 2015, hal. 123-128




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/eeict.v4i1.4568

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EEICT (Electric, Electronic, Instrumentation, Control, Telecommunication) disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.