EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Yauma Fasha(1*), Anthonius J Karsudjono(2), Sery Fitr(3)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia
(2) Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
(3) Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN pada BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta memberikan solusi dalam upaya mencapai efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memakai pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian dilakukan dengan wawancara terhadap 10 informan kunci, dilakukan selama rentang waktu 2 (dua) bulan dari tanggal 01 Juni s.d 30 Juli 2022, ditambah data dari hasil observasi, dokumentasi dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja ASN sudah efektif, dengan faktor pendukung berupa fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, fasilitator dan widyaiswara yang kompeten, serta ISO certificate 9001 : 2008 yang merupakan jaminan mutu. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah alokasi anggaran yang kurang serta pandemi Covid-19. Adapun upaya dalam rangka meningkatkan efektivitas pendidikan dan pelatihan adalah dengan lebih mengintensifkan serta menambah kuantitas pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan.


Kata Kunci


pendidikan dan pelatihan, kinerja, asn, efektivitas

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.8637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.