INTENSITAS KEPERCAYAAN KONSUMEN, CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS CUSTOMER CHATIME DI MALL CIPUTRA SEMARANG

Fina Nailul Izzah(1*), Alfi Munfiah(2), Sita Tri Apriliani(3), Vina Puspita Risdiyanti(4), Ratih Pratiwi(5)

(1) Universitas Wahid Hasyim
(2) Universitas Wahid Hasyim
(3) Universitas Wahid Hasyim
(4) Universitas Wahid Hasyim
(5) Universitas Wahid Hasyim
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Mall Ciputra Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Itensitas kepercayaan konsumen, citra merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas costumer chatime di Mall Ciputra. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dimana yang dihasilkan berupa angka-angka analisis dan statistik. Metode yang dipakai penelitian untuk mendapatkan data yaitu metode kuesioner. Populasi dalam artikel ini adalah seluruh pelanggan chatime yang berdomisili di Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus isaac dan michael, dimana teknik penentuan sampel digunakan untuk menghitung sample yang populasinya tidak diketahui pasti. Responden dalam artikel ini adalah 99 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala pengukuran likert 1 s/d 5 dan data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan alat analisis statistik SPSS.hasil menunjukkan bahwa Variabel kepercayaan kosumen (X1) memiliki nilai 0,163 dengan taraf sig.0,141 > 0,05. Artinya, variabel kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas costumer. Variabel citra merek (X2) memiliki nilai 0,163 dengan taraf sig.0,042 > 0,05. Artinya,variabel citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas costumer (Y) sedangkan variabel kepuasan konsumen (X3) memiliki nilai 0,572 dengan taraf sig.0,000 > 0,05. Artinya kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas costumer Chatime dimall ciputra kota semarang

Kata Kunci


kepercayaan konsumen, citra merek, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(Nuraini, 2009). 2016. “Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana (STRATA 1).” (102):28.

(Tjiptono dan Chandra 2005:386). n.d. .“.Xdolwdv /Ddqdqdq Flwud Phuhn«.” 20.

Amalina, Camelia Hanifah. 2010. “Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Konsumen Pada Ritel Modern.” 1–64.

Apriyani (2013). 2015. “Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Globalisasi Dapat Memberikan Suatu Peluang Maupun Ancaman Bagi Merek Yang Kompetitif Di Pasar Global.” 4(10):3237.

Aswan, 2013. 2015. “Consumer Loyalty ).” 17.

Ba dan Pavlou (2002:122). 2007. “Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia).” Universitas Brawijaya 157.

Bastian (2014). 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek Mie Sedap.” Jounal Universitas Sanata Dharma 19–20.

Bella, Z. W. 2019. “Prediksi Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Chatime.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan I(2):126–32.

Daryanto & Setiyobudi (2014). 2014. “BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kepuasan Konsumen 1. Pengertian Kepuasan Konsumen.” (1992):16.

Djaslim Saladin (2003). 2019. “済無No Title No Title.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53(9):2.

Firdayanti, (2021). 2006. “No Title.” (1994):16–37.

Haryantini, Haryantini. 2019. “Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Di Stasiun Depok Jawa Barat.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(1):45. doi: 10.32493/jpkpk.v3i1.3604.

Hengestu, Nelsen, and Donant Alananto Iskandar. 2017. “Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 2(3):363–72.

Irawan (2008). 2013. “Kualitas Produk, Kepuasan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):10.

Kotler dan Keller (2009). 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya.” 2(1):1.

Kotler dan Keller (2012). 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 September 2016 38(1):125–32.

Mamang dan Sopiah (2013:132). 2018. “DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2018, Hal. 1-8 Http://Ejournal- S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/ Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Diponegoro Journal of Social and Politic 1–8.

Mowen dan Minor (2013:201). 2016. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 3(1):1. doi: 10.21043/bisnis.v3i1.1463.

Oliver (2010). 2014. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Penerbangan Low Cost Carrier.” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog) 1(2):128.

Pratama, Putra Bayu. 2015. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pada Penggunaan Produk Outdoor.” Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta 1–21.

Rangkuti (2009:44). 2004. “Bab II Kajian Pustaka , Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis.” (i):30–31.

Rimiyati & Widodo (2014). 2014. “Country of Origin, Brand Image.” Jurnal Manajemen XVIII(03):365–80.

Rimiyati, Hasnah, and Catur Widodo. 2014. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).” Jurnal Manajemen Bisnis 5(2):223–34.

Segara (2018). 2019. “No Title.”

Setiadi (2003). 2019. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan).” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 6(2):98. doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6688.

Solomon, Kapoor dan, and (2011). n.d. “Ni Wayan Wina Premayani Pengaruh Kewajaran Harga ….” 1(2):143.

Sutisna (2003:41). 2013. “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):2.

Syaifulah (2018). 2018. “Pengaruh Kepercayaan Dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Spectrum Lintas Service Di Kota Batam.” Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam 6(1):231201.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar (2005). 2018. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI.”

Wijaya, Erwin Adi, Sasongko, and Sri Wahyuni. 2014. “PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES PADA MAHASISWA JURUSAN .... ( The Influence of Brand Image to Purchase Decision Series Smartphone Samsung Galaxy Science Students ... ).”

Yana et al. (2015). 2018. “Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Shampo L ’ Oréal Di Kota Palu.” 4(3):219–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.5248

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.