E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMIK COVID 19 DI KALIMANTAN SELATAN

Lisa Rahayu(1*), Isra Ul Huda(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin Jl. A. Yani Km. 5,5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan
(2) E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMIK COVID 19 DI KALIMANTAN SELATAN
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak :

Dalam situasi pandemi ini, menurut Kemenkop UMKM ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan sekitar 56 persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan permasalahan pada aspek pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah.   Metode yang dogunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pendapatan pemilik usaha sebelum menggunakan e-commerce dengan pendapatan pemilik usaha setelah menggunakan e-commerce. Bagi pelaku usaha, penggunaan electronic commerce memberikan tawaran kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dunia digital saat ini memberikan kemudahan dalam hal pemasaran bagi pelaku usaha atau pelaku UMKM sehingga mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dalam hasil pe4nelitian ini juga dapat membuktikan bahwa secara parsial electronic commerce memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM. Alasan utama para pelaku UMKM untuk memanfaatkan layanan e-commerce adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dan demi menekan biaya operasional usaha mereka. Hambatan utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam rangka optimalisasi manfaat e-commerce adalah pemahaman yang kurang terkait E-Commerce dan Keterbatasan jaringan internet.

 

 

 


Kata Kunci


Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), E-Commerce, Pendapatan Usaha, Pandemik Covid 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Mulyani, Yani Sri. "E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya)." Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya 12.2 (2021): 131-141.

Maulida, Noorlaily. "PENGARUH PENERAPAN STRATEGI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI TENGAH MASA PANDEMI COVID 19." Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 14.1 (2021): 28-47.

http://repository.unika.ac.id/13381/4/12.30.0248%20Amanda%20Ayu%20Dany%20BAB%20III.pdf, Diakses tanggal 3 Maret `2022

http://repository.stei.ac.id/1545/3/BAB%20II.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/250347/File_10-BAB-II-LANDASAN-TEORI.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1481/5/BAB_II.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/desi/2014/jiunkpe-is-s1-2014-41408095-32455-sonafz-chapter1.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

http://e-journal.uajy.ac.id/10425/3/2EM19418.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

http://eprints.umpo.ac.id/4057/3/BAB%20II.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/F11A/2015/F.111.15.0038/F.111.15.0038-05-BAB-II-20190306035757.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

https://www.coursehero.com/file/p4r7eg2v/Fandy-Tjiptono-2010163-menyatakan-garansi-atau-jaminan-istimewa-dirancang-untuk/, Diakses tanggal 2 Maret 2022

http://eprints.kwikkiangie.ac.id/893/3/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf, Diakses tanggal 2 Maret 2022

http://repository.unika.ac.id/14757/4/12.40.0212%20Debby%20Ivana%20Korry%20-%20BAB%20III.pdf, Diakses tanggal 11 Maret 2022

https://www.kompasiana.com/meykurniawan/556c450057937332048b456c/analisis-data-kualitatif-miles-dan-hubermen, Diakses tanggal 12 Maret 2022

https://core.ac.uk/download/pdf/234752374.pdf, Diakses tanggal 14 Maret 2022

http://eprints.stainkudus.ac.id/841/6/6.%20BAB%20II.pdf, Diakses tanggal 14 Maret 2022

https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jkubs/article/download/115/56/, Diakses tanggal 14 Maret 2022

Thaha, Abdurrahman Firdaus. "Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia." BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran 2.1 (2020): 147-153.

Effendi, Arline Prameswari. Analisis Faktor-Faktor Pengadopsian E-Commerce Oleh Umkm Serta Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Usaha. Diss. Universitas Brawijaya, 2021.

Firmansyah, Denny, and Radiati Husna. "PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Usaha Keripik di Kabupaten Bireuen)." VARIASI: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim 13.3 (2021).

Dwijayanti, Andina, and Puji Pramesti. "Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19." Ikra-Ith Abdimas 4.2 (2021): 68-73.

http://umkm.depkop.go.id/, Diakses tanggal 14 Maret 2022

https://infopublik.id/kategori/lawan-covid-19/449121/1-070-umkm-di-kalsel-terdampak-covid-19, Diakses tanggal 14 Maret 2022

https://p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/Cover-gabung-Artikel-ABEC-2017.pdf, Diakses tanggal 26 Maret 2022

file:///C:/Users/MC%20COM/Downloads/177-Article%20Text-813-1-10-20200310.pdf, Diakses tanggal 26 Maret 2022

https://media.neliti.com/media/publications/84637-ID-none.pdf, Diakses tanggal 26 Maret 2022

https://www.academia.edu/32311575/E_COMMERCE_1_, Diakses tanggal 26 Maret 2022

https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1614068647_Salinan%20PP%20Nomor%207%20Tahun%202021.pdf, diakses tanggal 10 Februari 2022

file:///C:/Users/MC%20COM/Downloads/11293-32785-1-PB.pdf, diakses tanggal 10 Februari 2022

https://www.researchgate.net/profile/Ade-Heryana/publication/329351816_Informan_dan_Pemilihan_Informan_dalam_Penelitian_Kualitatif/links/5c02c716299bf1a3c159bd92/Informan-dan-Pemilihan-Informan-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf, diakses tanggal 14 Februari 2022

file:///C:/Users/MC%20COM/Downloads/pENDAPATAN%20USAHA%20E-COMMER.pdf, diakses tanggal 20 April 2022

file:///C:/Users/MC%20COM/Downloads/kuesioner%20e%20commer.pdf, diakses tanggal 20 April 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.10034

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.