GAMBARAN HIIGIENE DAN SANITASI SARANA FISIK SERTA PERALATAN PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEMBALAH BATUNG AMUNTAI TAHUN 2013

Siti Yuliani Malinda, Aprianti aprianti

Sari


Makanan yang akan dihasilkan selain ber-kualitas baik, penampilan yang menarik, cita rasa yang baik, bernilai gizi tinggi, juga bersih, aman serta tidak berbahaya bagi kesehatan. Kebersihan merupakan standar utama yang harus dilaksanakan dalam penyediaan makanan bermutu, aman bagi masyarakat. Hasil survey sebelumnya di Instalasi Gizi RSUD Pembalah Batung Amuntai, terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan standar seperti Higiene tenaga pengolah makanan yang tidak memperhatikan peng-gunaan celemek dan sarung tangan, sanitasi sarana fisik serta sanitasi peralatan pengolahan. Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran hygiene dan sanitasi sarana fisik serta peralatan pengolahan bahan makanan di Instalasi Gizi RSUD Pembalah Batung Amuntai.

Penelitian ini bersifat observasional deskriptif dengan sasaran, tenaga pengolah makanan, peralatan pengolahan, dan sarana fisik pengolahan bahan makanan. Data didapat dengan cara pengamatan meng-gunakan lembar check list dan kemudian dianalisis secara deskriptif.


Hasil yang didapat bahwa hygiene tenaga pengolah makanan dan sanitasi sarana fisik sudah cukup baik, hanya saja ada beberapa yang masih tidak sesuai dengan standar, seperti tidak mencuci tangan, tidak menggunakan celemek, tidak menggunakan sarung tangan, tidak memeriksakan diri kedokter minimal 2 kali setahun, tidak tersedianya fasilitas cuci tangan, tempat sampah sementara tidak tertutup serta ventilasi yang tidak memiliki kasa dan jendela yang tidak mudah dibuka. Sedangkan untuk hasil sanitasi peralatan masih dikatakan kurang dilihat seperti adanya peralatan yang tidak disimpan dalam keadaan kering, beberapa peralatan yang susah dibersihkan, tidak melakukan proses sterilisasi dan peralatan yang telah dicuci tidak diletakkan ditempat rak khusus.

Saran untuk Instalasi Gizi RSUD Pembalah Batung Amuntai agar tenaga pengolah makanan diberi penyuluhan tentang hygiene sanitasi, sehingga dapat mengetahui tentang pentingnya hygiene sanitasi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.