PROFIL PEDAGANG ECERAN DI KAWASAN PERUMAHAN DI DALAM WILAYAH KOTAMADYA BANJARMASIN

Akhmad Samhudi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sektor usaha dan perdagangan menyumbang yang cukup besar pada Produk Domestik Regional Bruto Kalimantan Selatan setelah sektor pertanian. Perantara pedagang eceran salah satu pedagan tanpa merubah bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan. Mereka merupakan ujung tombak dari semua pemasar baik yang diproduksi dalam negeri maupun lokal, sehingga posisi mereka sangat strategis. Lokasi usaha-nya umumnya terdapat pada kawasan perumahan.

Masalah yang dihadapi bagaimana menemukan cara-cara meningkatkan volume penjualan. Untuk itu pelulah dikaji tentang profil perantara pedagang eceran.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran secara umum dan masalah-masalah yang dihadapi oleh perantara pedagang eceran dikawasan perumahan. Sedangkan manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan bagi pengambil kebijakan untuk pembinaan perantara pedagang eceran.

Daerah penelitian di Kotamadya Banjarmasin dengan membedakan lima kecamatan dan sampel dipilih sebanyak 100 orang secara non probalility sampling untuk tiap Kecamatan 25 orang yang terdiri dari 15 orang didaerah pemukiman lama dan 10 orang didaerah pemukiman baru sebagai sumber data primer. Data sekunder diperoleh dari berbagai buku laporan resmi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.