PENYULUHAN WIRAUSAHA PEDAGANG BAKSO DAN MIE AYAM MELALUI STANDARISASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DIKAITKAN DENGAN BAURAN PEMASARAN

Rina Rina(1*), Apriya Santi(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam pelaksanaan penyuluhan ini peserta seluruhnya adalah para pedagang
pentol, bakso dan mie ayam di Banjarmasin berjumlah 5 orang atau 100% berjenis
kelamin laki – laki. Sebanyak 2 orang peserta atau 40% dari peserta telah
melakukan pemasaran secara online yaitu lewat WhatsApp (WA) sisanya 60%
masih mengandalkan handphone lama (call by phone). Sebanyak 2 orang atau
40% mereka memperbaiki sistem pencucian supaya lebih bersih, rapi dan lebih
higienis. Sebanyak 4 orang atau 80% mereka mengemukakan kendala yang
mereka hadapi adalah dari segi permodalan yang relatif minim sehingga mereka
berjualan dengan gerobak/rombong sisanya sebanyak 1 orang atau 20% saja yang
berani sewa tempat yaitu (pedagang bakso dan mie ayam). Sebanyak 2 orang atau
40% mereka melakukan variasi pentol dari segi ukuran dan rasa yaitu pentol urat
(sebelumnya hanya rasa pentol daging dan isi telur) dan sekarang sudah
mengembangkan pentol ukuran besar (sebelumnya hanya ukuran kecil dan
sedang) yang kisaran harganya mulai dari Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 6.000
sedangkan untuk bakso dan mie ayam berkisar harganya mulai dari Rp. 7.000
sampai dengan Rp. 12.000. Dengan adanya penyuluhan tersebut memberikan
dampak jauh lebih baik dari sebelumnya yaitu peningkatan kualitas dari segi
pelayanan dan yang terpenting dari hasil tersebut adalah mereka bisa memiliki
peluang untuk sukses.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Genoveva dan Rakhman, 2004, Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan

dan Fasilitas Harapan Indah Club Bekasi, Jurnal Ilmiah Manajemen dan

Kewirausahaan, ISSN : 0854-8153 volume 11 No. 3

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implikasi dan

Kontrol, Alih Bahasa Hendra Teguh dan Romly Rusli Jilid I, Prehalindo

Jakarta.

Munawarah Munjiati, 2000, Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan

pada Industri Pendidikan di Yogyakarta. Jurnal Siasat Bisnis No. 5 volume

, 2000.

Rambat Lupiyoadi, 2004.Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek, Salemba

Empat, Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2002. Measuring Customer Satisfaction, PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Simamora Bilson, 2004. Riset Pemasaran , Falsafah, Teori dan Aplikasi, PT.

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,.

Santoso Singgih, Tjiptono Fandy, 2001. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi

dengan SPSS

Supranto, J, 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan

Pangsa pasar,. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Tjiptono Fandy, 2004. Strategi Pemasaran, Edisi ke 2, Yogyakarta

Umar, Husein, 1997. Metodelogi Aplikasi dalam Pemasaran, Cetakan Pertama

PT. Gramedeia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.