PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI ERA DIGITAL DI KELURAN KEBUN BUNGA

Agustina Rahmi(1*), Rasuna Rasuna(2), Sabariah Sabariah(3)

(1) UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari , Indonesia
(2) UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari , Indonesia
(3) UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari , Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Era digital saat ini telah menyentuh kesemua aspek, salah satunya dunia pendidikan. Anak sebagai objek pendidikan, membutuhkan berbagai peran yang mendukung pendidikan dan perkembangnnya, baik dari guru, lingkungan maupun orangtua. Peranan dan partisipasi orangtua sangat dibutuhkan anak dalam proses pendidikan guna menunjang perkembangan dan pendidikannya sesuai tujuan pendidikan yang diharapkan/ diamanatkan Undang- Undang. Untuk dapat tercapainya tujuan tersebut maka dilakukan sosialisasi mengenai: 1) pentingnya peran dan pendampingan orangtua dalam pendidikan anak demi optimalnya tumbuh kembang anak, dan 2) cara pendampingan orangtua untuk meminimalisir dampak buruk penggunaan hp/ gadget sebagai media pembelajaran. Sasaran khalayak pada sosialisasi ini adalah ibu PKK pokja 2 di kelurahan kebun bunga, warga anggota dasawisma RT/ RW sekaligus orangtua yang memiliki anak usia dini, karena latarbelakang orangtua yang didominasi bekerja. Metode yang digunakan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, demonstrasi dan diskusi yang dilaksanakan di aula Kelurahan Kebun Bunga. Namun, untuk memastikan materi sosialisasi ini dapat ditangkap dengan baik maka dilakukan pre test pada awal pertemuan kemudian diakhiri dengan post test. Adapun, hasil yang didapat pada pelaksanaan yaitu ibu PPK pokja 2 warga anggota dasawisma RT/ RW memiliki informasi dan menambah kesadaran dalam partisipasi dan pendampingan orangtua kepada anak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Academic Achievement in Public Secondary School: A Case of Kieni-West Sub Country, Nyeri Wunty Kenya. International Journal of Education and Research. 2(11) 411-424

Andriyani, I. N. 2018. Pendidikan Anak dalam Keluarga Di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli 2018; p-ISSN 2442 - 2401; e-ISSN 2477-5622.

Bowman, N. A. (2010). The development of psychological well-being among forst year college students. Journal of college student development, 51, 180.

Brown, P.J. 2002. Parental Involvement. Education Policy Brief. Vol. 10, March: 1-5.

Bull, A. Brooking, K., dan Campbell, R. 2008. Successful Home-School Partnerships: Report to The Ministry of Education. New Zealand

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. 2016. Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dasar dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kemendiknas

Fraenkel, J. R. 1977. How to teach about values: An analytic approach. New Jersey: Prentice-Hall Englewood Cliffs, New Jersey.

Gudlaug, E. 2010. Effect of Parental Invovement in Education. Thesis: University of Iceland

Hale, L.M. 2003. Student Perception of Parental Involvement and Grade 5 Reading and Math Achievement. Dissertation. Baylor University

Hayyumas, M. 2016. Pola Interaksi Hubungan Orang Tua Dengan Anak di Era Digital (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Interaksi Hubungan Orang Tua dengan Anak di Era Digital

Henderson, A.T. and Mapp, K.L. 2002. A New Wave of Evidence: The Impact of School, Family, and Community Connections on Student Achievement. Austin: Southwest Educational Development Laboratory.

Herlina, D. 2018. Digital Parenting : Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta : Samudra Biru.

Kohlberg, L. 1978. Revisions in the theory and practice of moral development. New directions for child and adolescent development, 1978(2), 83–87.

Kurnia. 2017. Literasi Digital Keluarga, Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta : Center For Digital Society (CfDS).

Mahfudzah. 2015. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa SDN 3 Tolihe Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. Sulawesi Selatan: IAIN Kendari.

Mujiburrahman. 2013. Bercermin Ke Barat: Pendidikan Islam Antara Ajaran dan Kenyataan (Cetakan Pertama). Banjarmasin: Jendela

Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdoko, E. W. H. 2017. Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Santosa, E. T. 2015. Raising Children In Digital Era. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiawan, R. 2017. Kebebasan Ekspresi Individual dalam Pembangunan Manusia Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 1 (2), 2017

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarsilla, K. dan Lydiah, N. 2014. Parental Involvement in Their Children

Toffler, A. 1980. The third wave. New York: William Morrow and Company. New York City: William Morrow and Company, INC.

Tridonanto, A. 2014. Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Zaini, Muhammad dan Soenarto. 2019. Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usian Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1 2019 (224-233).

Utami, S.D. 2013. Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. FIP: Universitas Negeri Semarang.

Academic Achievement in Public Secondary School: A Case of Kieni-West Sub Country, Nyeri Wunty Kenya. International Journal of Education and Research. 2(11) 411-424

Andriyani, I. N. 2018. Pendidikan Anak dalam Keluarga Di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli 2018; p-ISSN 2442 - 2401; e-ISSN 2477-5622.

Bowman, N. A. (2010). The development of psychological well-being among forst year college students. Journal of college student development, 51, 180.

Brown, P.J. 2002. Parental Involvement. Education Policy Brief. Vol. 10, March: 1-5.

Bull, A. Brooking, K., dan Campbell, R. 2008. Successful Home-School Partnerships: Report to The Ministry of Education. New Zealand

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. 2016. Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dasar dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kemendiknas

Fraenkel, J. R. 1977. How to teach about values: An analytic approach. New Jersey: Prentice-Hall Englewood Cliffs, New Jersey.

Gudlaug, E. 2010. Effect of Parental Invovement in Education. Thesis: University of Iceland

Hale, L.M. 2003. Student Perception of Parental Involvement and Grade 5 Reading and Math Achievement. Dissertation. Baylor University

Hayyumas, M. 2016. Pola Interaksi Hubungan Orang Tua Dengan Anak di Era Digital (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Interaksi Hubungan Orang Tua dengan Anak di Era Digital

Henderson, A.T. and Mapp, K.L. 2002. A New Wave of Evidence: The Impact of School, Family, and Community Connections on Student Achievement. Austin: Southwest Educational Development Laboratory.

Herlina, D. 2018. Digital Parenting : Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta : Samudra Biru.

Kohlberg, L. 1978. Revisions in the theory and practice of moral development. New directions for child and adolescent development, 1978(2), 83–87.

Kurnia. 2017. Literasi Digital Keluarga, Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta : Center For Digital Society (CfDS).

Mahfudzah. 2015. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa SDN 3 Tolihe Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. Sulawesi Selatan: IAIN Kendari.

Mujiburrahman. 2013. Bercermin Ke Barat: Pendidikan Islam Antara Ajaran dan Kenyataan (Cetakan Pertama). Banjarmasin: Jendela

Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdoko, E. W. H. 2017. Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Santosa, E. T. 2015. Raising Children In Digital Era. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiawan, R. 2017. Kebebasan Ekspresi Individual dalam Pembangunan Manusia Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 1 (2), 2017

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarsilla, K. dan Lydiah, N. 2014. Parental Involvement in Their Children

Toffler, A. 1980. The third wave. New York: William Morrow and Company. New York City: William Morrow and Company, INC.

Tridonanto, A. 2014. Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Zaini, Muhammad dan Soenarto. 2019. Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usian Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1 2019 (224-233).

Utami, S.D. 2013. Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. FIP: Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8071

Refbacks