HIJAUAN PAKAN TERNAK KURANG JERAMI PADI SOLUSINYA

Raga Samudera, Aam Gunawan, Irwan Zakir

Sari


Hijauan pakan ternak merupakan hal yang mutlak harus tersidia baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya dalam membudidayakan ternak sapi, apa lagi pada saat musim kemarau, daya dukung hijauan pakan ternak sangat kurang bahkan dapat menyebabkan ternak kelaparan, dilain pihak pada saat yang bersamaan terjadi panen padi yang dapat menghasilkan limbah pertanian berupa jerami padi. Bahan pakan ini dapat diperoleh di desa sekitar peternak dan jadikan pakan ternak dengan melalui proses pengolahan fermentasi, sehingga masalah kekurangan hijauan pakan ternak tadi dapat di atasi. Pengabdian Masyarakat, telah dilaksanakan di kelompok peternak Rukun Makmur Desa Kunyit Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Hasil dari pengabdian ini, berjalan sesuai dengan rencana, peternak menerima pelatihan fermentasi pakan ternak, mereka mengerti tentang manfaat dan cara pengolahan fermentasi pakan ternak, yang akan di disediakan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak mereka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Budidaya Ternak-Direktorat Jenderal Produksi Peternakan. 2002. Pedoman Budidaya Ternak Potong (Good Farming Practice), (Direktorat Jenderal Produksi Peternakan, Jakarta.

Mahendri, I.G.A.P., B. Haryanto, E. Handiwirawan, A. Priyanti, L. Natalia, Indraningsih dan R.A. Saptati, 2005. Laporan Inovasi Teknologi Pakan Padi Fermentasi dengan Probion untuk Meningkatkan Kinerja Produksi Ternak Ruminansia. Puslitbang Peternakan.

Suherman, A. 2017. Prospek Pengembangan Integrasi Tanaman Ternak. Badan

Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Winarno, F. G., S. Fardiaz and D. Fardiaz. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. PT. Gramedia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.