PELATIHAN MICROSOFT PUBLISHER UNTUK GURU PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN

Muhammad Rasyidan(1*), Dwi Retnosari(2), Yusri Ikhwani(3), Wagino Wagino(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Saat ini dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi maka seorang guru dituntut untuk dapat meningkatkan mutu serta perluasan jangkauan pendidikan serta keterampilan dan keahlian. Dimana seorang guru harus dapat mengkombinasikan sistem pembelajaran, pengembang kurikulum maupun pengembang alat evaluasi, sehingga mempunyai inovasi dan kreativitas dalam memberikan pelajaran. Microsoft Publisher adalah salah satu program aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing, aplikasi ini memiliki banyak manfaat, contoh salah satunya yaitu membuat mading (majalah dinding). dengan menggunakan Microsoft Publisher, mading dapat menjadi lebih bagus, menarik, bermakna dan pastinya lebih mudah, cepat dan praktis karena Microsoft Publisher memiliki banyak template.
Para Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh Mandiri sebelumnya masih banyak yang belum mengenal dan belum memanfaatkan teknologi pembuat desktop publishing secara maksimal, sehingga perlu diadakan pelatihan Microsoft Publisher untuk para guru dengan tujuan agar dapat memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan bidang hardware dan software dalam proses pengembangan ilmu, khususnya pembuatan karya desktop publishing yang nantinya dapat digunakan sebagai salah satu media pendukung pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Setelah dilakukan pelatihan para guru menjadi sangat terbantu dalam mendesain secara cepat dan mudah sebuah karya desktop publishing dengan hasil yang memuaskan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astrid Novita Putri, 2016. Peningkatan Kemampuan Pembuatan Media Promosi Dengan Menggunakan Microsoft Publisher Untuk Penerima Manfaat Pada Balai Pelayanan Sosial Asuhan Anak Kasih Mesra Demak Provinsi Jawa Tengah, Jawa Tengah, Universitas Semarang.

Brien Posey, 2011, Using Microsoft Publisher 2010, USA, Pearson Education

Duwi Priyatno, 2010, Cara Instan Desain Promo dengan Microsoft Publisher, Yogyakarta, Multicom

J. Yuri Yudhaswana, D. Muhammad, 2018. Pelatihan Pembuatan Kalender Menggunakan Microsoft Publisher Dan Adobe Photoshop Untuk Panti Asuhan Al Hidayah Nur Anutapura Palu. Palu, Universitas Tadulako

Sulistiana, 2014. Mengoperasikan Microsoft Publisher, Malang. Logo Production




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3832

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.