PELATIHAN APLIKASI POIN PRESTASI DAN PELANGGARAN SEKOLAH DALAM RANGKA PENGEMBANGAN LAYANAN SEKOLAH BERORIENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DI MADRASAH ALIYAH SMIP 1946 BANJARMASIN

Ahmadi Ahmadi(1*), Muhammad Rais Wathani(2), Muharir Muharir(3), Zaenuddin Zaenuddin(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan "pelatihan atau sosialisasi aplikasi poin prestasi dan pelanggaran" ini adalah agar para staf dan guru BK (Bimbingan dan Konseling) menjadi paham betapa pentingnya pengelolaan data pelanggaran dan prestasi siswa. Karena Pencatatan pelanggaran, prestasi, dan konsultasi oleh guru BK bisa dilihat oleh wali kelas masing-masing dan ikut membantu mengawasi siswa tersebut. Orang tua siswa juga mendapatkan laporan pelanggaran dan prestasi anaknya melalui wali kelas yang diberikan setiap akhir semester atau pembagian raport siswa sehingga bisa dikomunikasikan bersama-sama oleh wali kelas. Dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat ini, digunakan 4 buah metode, yang pertama Tutorial, dimana peserta pelaksana pengabdian yang berlaku sebagai instruktur/tentor menjelaskan tentang betapa pentingnya pengelolaan data pelanggaran dan prestasi siswa yang terintegrasi dalam bentuk aplikasi database, beserta fungsi dan kegunaannya dalam memudahkan layanan-layanan yang bersifat administrasi. Yang kedua Praktek Mandiri, setiap peserta pelatihan juga melakukan praktek sendiri dengan penggunaan komputer atau laptop, sehingga peserta pelatihan dapat berkembang dan Mandiri dengan keahliannya sendiri. Yang ketiga Tanya Jawab, dimana peserta pelatihan dapat langsung bertanya kepada peserta pelaksana Pengabdian yang mendampingi mereka selama kegiatan berlangsung. Dan yang keempat observasi, dimana sosialisasi ini dilakukan secara berulang-ulang sehingga dapat diketahui bagaimana kinerja dari aplikasi yang sesungguhnya. Hasilnya, Meningkatnya keterampilan dan pengetahuan para peserta (Para staf/petugas bagian Tata Usaha dan guru Bimbingan dan Konseling) dalam proses instalasi dan cara penggunaan “Aplikasi Poin Prestasi dan Pelanggaran Sekolah” dari yang awalnya menggunakan sistem manual menjadi berbasis teknologi informasi, sekaligus bagaimana melakukan troubleshooting apabila menghadapi berbagai macam kendala yang biasa terjadi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anton, M. M. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Denny Kusuma, 2018. Rancang Bangun Aplikasi E-Poin untuk Pencatatan Data Pelanggaran dan Prestasi Akademik Siswa (Studi Kasus: SMK Luthfa Kamala, 2017. Sistem Informasi Poin Prestasi Dan Pelanggaran Tata Tertib Siswa Berbasis Web Pada Smp Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Bandung: UNIKOM.

Mohamad Surya, 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Prayitno, 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.Negeri 10 Surabaya). Surabaya: STIKOM




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.