PELATIHAN K3 DI PERUMAHAN PT. ANGGORO KARYA KOTA BANJARBARU

Sulastini Sulastini(1*), Muhammad Harlie(2)

(1) Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Pelatihan K3 wajib diperlukan dalam sebuah Proyek Pembangunan Rumah. Di dalam K3 ada Manajemen Resiko ada pengetahuan tentang Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko dan Pengendalian Resiko (HIRACH). Di dalam UU Ketenagakerjaan ada disebutkan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) juga mengatur segala sesuatu tentang keselamatan kerja manusia. Dalam hal ini yang menjadi obyek sasaran atau khalayak sasaran adalah tukang atau pekerja Proyek Perumahan PT. Anggoro Karya Kota Banjarbaru. Metode kegiatan berupa ceramah dan praktik di lapangan sehingga hasil akhir dari kemitraan ini akan didapat pengetahuan dasar tentang K3 dan Laporan Akhir PKM pada Proyek Perumahan PT. Anggoro Karya Kota Banjarbaru dengan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Luaran kegiatan ini adalah artikel ilmiah terpublikasi Jurnal ber ISSN atau prosiding dari seminar hasil PKM dan adanya peningkatan level keberdayaan mitra (keterampilan, pendapatan, lingkungan yang lebih baik).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asesmen Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000;2009. Kuliah Online, IKK-363- Manajemen Risiko dan Pencegahan Kerugian.

AS/NZS 4360 (2004). 3rd Edition The Australian And New Zealand Standard on Risk Management. Broadleaf Capital International Pty Ltd. NSW Australia.

Dickson, Tracey J. 2001. Calculating Risk : Fine’s Mathematical Formula 30 Years Later.

Australian Journal of Outdoor Education. International Labour Organization. 2013. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sarana Untuk Produktifitas Modul 5. Jakarta: International Labour Office.

Pos Sore. 2014. Kecelakaan Kerja Cenderung Naik. April 27, 2014. http://possore.com/kecelakaa n- kerja-cenderung-naik.html.

Ramli, Soehatman. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Resiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.

Samsuri. 2014. Manajemen Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Perluasan Hotel Mercure 8 Lantai Pontianak. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Sucita, I ketut dan Broto, Agung Budi. 2011. Identifikasi dan Penanganan Risiko K3 Pada Proyek Konstruksi Gedung. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta Kampus UI Depok.

Wicaksono, Iman.K. dan Singgih, Moses. 2011. Manajemen Resiko K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Pada Proyek Pembangunan Apartemen Puncak Permai Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII, Program Studi MMT-ITS, Surabaya.

Wijayanti, Nia Tri. 2008. Pengaruh Penerapan Safety Management Terhadap Kinerja Produktifitas Tenaga Kerja Kuisioner Validasi awal. Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Yuliani, Uppit. 2011. Manajemen Resiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Infrastruktur Gedung. Jakarta Timur.

Modul III Pengetahuan Dasar K3. Diklat Sistem Manajemen Keselamatan Kerja Konstruksi Tingkat Dasar. Diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.10329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.