SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PEMBUATAN DAN PEMBAGIAN HAND SANITIZER GRATIS

Fariansyah Fariansyah(1), Sulastini Sulastini(2*)

(1) Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Hand sanitizer merupakan salah satu produk yang langka dicari setelah pandemi COVID-19 hadir di Indonesia. Hand sanitizer merupakan cairan yang mengandung bahan disinfektan untuk kulit atau antiseptik yang dapat mengurangi ataupun menyebabkan mortaliti bagi mikroorganisme pada tangan. Hand sanitizer digunakan dengan cara diteteskan dan diratakan pada seluruh permukaan tangan tanpa pembilasan. Terdapat berbagai bahan antiseptik yang dapat digunakan untuk membuat produk hand sanitizer, contohnya adalah Etanol 65 – 70% atau isopropil alkohol dengan kadar 70-80 %, Klorheksidin glukonat dengan kadar 0,5 – 0,75% dan Triklosan dengan kadar 0,2 – 2%. Bahan alkohol yang banyak digunakan adalah etanol dengan kadar efektif 60-80%. Pembuatan hand sanitizer perlu ditambahkan bahan pelembab seperti gliserin dan aloe vera, mengikuti panduan yang disebarluaskan kemenkes. Kemenkes RI menyampaikan hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah COVID-19 antara lain pertama sering mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer, kedua tetap tinggal di rumah, ketiga jaga jarak dan hindari kerumunan, keempat tidak berjabat tangan dan kelima pakai masker bila sakit atau harus berada ditempat umum. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan sebuah bentuk kepedulian serta mendukung program pemerintah dalam upaya penanggulangan serta pencegahan penyebaran COVID-19.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, Iseu Siti. (2020). Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 179–189.

Amri, Andi. (2020). Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123–120

Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1),146 –153.

Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana

Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.

Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.

Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perc




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.10326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.