PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN ORGANISASI REMAJA HANDIL JAMBU DESA MANARAP BARU KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Hidayatullah Hidayatullah(1*), Muhammad Aini(2), Fathan Ansori(3), Nasrullah Nasrullah(4), Ahmad Sayuti(5)

(1) Fakultas Hukum, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Hukum, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Hukum, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Hukum, Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Hukum, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Masyarakat Handil Jambu Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar ingin memberdayakan para pemudanya, salah satunya adalah dengan membentuk kelompok organisasi remaja dalam bentuk karang taruna. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Handil Jambu Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar adalah ketidakmampuan untuk membantu para pemuda dalam membentuk organisasi kelompok remaja secara ideal dan dengan prosedural yang baik. Dalam rangka pembentukan organisasi kelompok remaja di Handil Jambu Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar sebagai upaya pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan generasi muda maka perlu untuk diberikan pendampingan dalam proses pembentukan organisasi kelompok remaja tersebut agar berjalan lancar dan sesuai dengan semangat regulasi kepemudaan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ceramah dan dialog seputar organisasi kepemudaan, urgensi dan mekanisme pembentukan organisasi remaja desa yang baik menurut ketentuan peraturan perundang-undangan Adapun target luaran yang ingin dicapai adalah hasil kegiatan ini dapat dipublikasikan pada Jurnal ber ISSN atau Prosiding.

Kata kunci: Karang Taruna, Pemuda, Desa Manarap Baru 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kinanti, Kingkin Puput., dkk. (2019).

Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Maatoon Melalui Usaha Kaos Sablon Tema Permainan Bahasa pada Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, Oktober 2019.

Muhammad, Nur. dan Marisa S.B Seran. (2020). Pendampingan Pembentukan Organisasi Pemuda Karang Taruna Desa Seo. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2) Agustus 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.10223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.