PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN READING BASED WRITING INSTRUCTION DI SMAN 1 BERUNTUNG BARU

Yudha Aprizani(1*), Neneng Islamiah(2), Angga Taufan Dayu(3), Nurhasanah Nurhasanah(4)

(1) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(2) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(3) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(4) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membangun ilmu pengetahuan dan keterampilan siswa di
dalam mengembangkan kemampuan siswa berbahasa inggris untuk memperoleh
keterampilan produksi. Peneliti membangun pengajaran Reading based Writing untuk
meninjau seberapa jauh sudah pemahaman dan kemampuan siswa di SMA 1 Beruntung Baru
dalam mempelajari bahasa inggris di dalam keterampilan membaca dan menulis. Peneliti
membangun desain pengajaran sebagai factor perlakuan (treatment factor) di dalam kelas
untuk mengamati (observasi) pemahaman pengetahuan yang dimiliki siswa terhadap
pembelajaran yang diberikan oleh peneliti selaku praktisi dalam pemerolehan data. Kemudian
peneliti mengamati factor siswa (person factor) dengan melakukan pengamatan terhadap
siswa mengenai pengetahuan bacaan dan bagaimana menulis dengan pola yang benar.
Peneliti juga menganalisis hasil factor yang diperoleh dari siswa mengenai pemahaman
terhadap isi bacaan dan penulisan siswa yang baik sesuai dengan konteks dan opini yang
tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan,
ikuesioner, dan analysis terhadap dokumen yang diperoleh. Pengamatan dilakukan melalui
proses pembelajaran di dalam kelas baik dari segi penyampaian pembelajaran (metode
pembelajaran) melalui dokmentasi maupun pengamatan mendalam terhadap faktor siswa
bersangkutan di dalam proses pembelajaran. Dari hasil temuan dari 3 faktor; treatment
factor, person factor, dan outcome factor dapat dijadikan hasil pemikiran bahwa
untuk membangun pemahaman siswa (prior knowledge) dan critical thinking maka
pengajar perlu menyusun kegiatan kegiatan pembelajaran yang sedemikian tersusun
rapi agar tercapai outcome factor untuk siswa di dalam belajar keterampilan membaca
dan menulis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brandon, L & Brandon K. Paragrarph and Essay With Integrated Readings 11th

Edition. Boston: Nelson Education, Ltd.

Breiter, C & Scerdemalia, M. 1985. ‘Children’s Difficulties in Learning to Compose’,

dalam Wells, G & Nicholls, J (Ed). Language Learning: An Interactional

Perspective. London: Taylor & Francis.

Cho, H & Griffer, J.B. 2015. Integrated reading and writing: A case of Korean

English language learners. Reading in a Foreign Language.27(2) 242-261

Cook, V. 2008. Second Language Learnig and Language Teaching. London: Hooder

Education.

Flower, et al. 1990. Reading-To-Write Exploring A Cognitive And Social Process.

New York: Oxford University Press

Flower, L. and Hayes, J. (1981). A Cognitive Process Theory of Writing. College

Composition and Communication, 32(4), p.365.

Gao, Y. 2013. The Effect Of Summary Writing On Reading Comprehension: The Role

Of Mediation In Efl Classroom. Dari

https://www.researchgate.net/publication/311789331_The_Effect_Of_Summa

ry_Writing_On_Reading_Comprehension_The_Role_Of_Mediation_In_Efl_

Classroom

Linse, C & Nunan, D. 2005. Practical English Language Teaching Young Learner.

New York: McGraw-Hill.

Mcintyre, et al. 2011.Reading Instruction For Diverse Classrooms. New York: The

Guilford Press

Nunan, D. 1999. Second Language Teaching and Learning. Massachussets: Heinle

& Heinle Publishers.

River, W.M & Temperly, M.S. 1978. A Practical Guide to the Teaching of English

As a Second or Foreign Language. Oxford: Oxford University Publisher

Shaw, et al. 2011. Discrepant SAT Critical Reading and Writing Scores: Implications

for College Performance. Educational Assessment. 16 145–163. DOI:

1080/10627197.2011.604241

Weigle, S.C. 2002. Assessing Writing. Cambridge: Cambridge Univerisity Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8308

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.