PERSPEKTIF MAHASISWA TAHUN KEDUA SEPUTAR PROBLEM YANG DIALAMI DALAM LISTENING COMPREHENSION PEMBELAJARAN
(1) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(2) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(3) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perspektif mahasiswa tahyun kedua seputar
permasalahan yang dialami dalam pembelajaran listening khususnya yang berkenaan
dengan input dan pendengar sendiri. Rancangan yang diupayakan dalam penelitian ini
termasuk penelitian deskriptif. 85 mahasiswa tahun kedua dipilih secara sukarela. Hasil
pebnelitian menunjukkan bahwa isu-isu problematic yang didalamnya pembelajar bahaha
asing (EFL) berkesulitan memahami teks listening saat penutur asli dengan aksen
beragam dan non familiar. Selain itu, mereka tidak mampu memahami makna yang tidak
diucapkan dengan jelas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abedin, M. M. (2010). Listening skill at tertiary level: A reflection. Journal of
Linguistics, 2(3), 69-90. Dhaka University.
Alam, Z. (2009). Developing listening skills for tertiary level students. Journal of
Linguistics, 2(2), 19-52. Dhaka University.
Ghaderpanahi, L. (2012). Using Authentic Aural Materials to Develop Listening
Comprehension in the EFL Classroom. English Language Teaching. 5(6),
-153.
Hamouda, A. (2013). An Investigation of Listening Comprehension Problems
Encountered by Saudi Students in the EL Listening Classroom. Volume 2,
No. 2, http://ousar.lib.okayama-u.ac.jp/file/30005/fulltext.pdf (retrieved on
February 9, 2018)
Hotimah. (2017). The Students’ Attitudes towards Using Twitter in Learning
Vocabulary at the English Department of FKIP UNISKA Banjarmasin
Academic Year 2016-2017. Banjarmasin: Unpublished Thesis.
Kavakiauskienė, G. (2008). Podcasting: a tool for improving listening skills. A
Journal for Teachers of English, 8(4), 1-16. Retrieved from
http://www.iatefl.org.pl/call//-techie33.html.
Nowrouzi, S., Tam, S. S., Zareian, G., & Nimehchisalem, V. (2015). Iranian EFL
Students’ Listening Comprehension Problems. Theory and Practice in
Language Studies, 5(2), 263-269.
Pollak, C. J. (2009). Teacher empowerment and collaboration enhances student
engagement in data-driven environments. Teacher Empowerment and
Student Engagement, 1, 1-47.
Vandergrift, L. (1999). Facilitating second language listening comprehension:
acquiring successful strategies. ELT Journal, 53(3), 168-176.
Velička, A. (2007). Teorinis ir eksperimentinis kalbinės veiklos rūšių tarpusavio
integracijos tyrimas. Filologija, 15(4), 16-23.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8306
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.