PENGARUH SIMULASI PhET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TOPIK BENTUK DAN KEPOLARAN MOLEKUL
(1) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(2) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini bertujuan membandingkan motivasi belajar
siswa yang dibelajarkan dengan media simulasi PhET dan
tanpa menggunakan media simulasi PhET. Penelitian ini
menggunakan nonequivalent control group design dengan
70 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian diperoleh
dari angket motivasi model ARCS. Data dianalisis
menggunakan independent sample t-test dan Mann-
Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak
ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang
dibelajarkan dengan media simulasi PhET dan tanpa
media simulasi PhET.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Jegede, S.A. 2007. Students’s Anxienty towards the Learning of
Chemistry in Some Nigerian Secondary School. Educational
Research and Review, 2(7), 193-197.
Keller, J. M. 1987. Strategies for Stimulating the Motivation to Learn.
Performance & Instruction, 26(8), 1-7.
Krapp, A. 2005. Basic Needs and the Development of Interest and
Instrinsic Motivational Orientations. Learning and Instruction,
(5), 381-395.
Osborne, J., Simon, S. & Collins, S. 2003. Attitudes towards Science:
A Review of the Literature and Its Implications. International
Journal of Science Education, 25(9), 1049-1079.
Rizkiana, F., Dasna, I.W. & Marfu’ah, S. 2016. Pengaruh Praktikum
dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa
ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan, 1(3), 354-
Sukardjo. 1988. Bentuk Molekul Senyawa kovalen, Problema dan
Pemecahannya dalam Pengajaran Ilmu Kimia. Cakrawala
Pendidikan, 2, 35-48.
Woldeamanuel, M.M., Atagana, H. & Engida, T. 2013. Students’
Anxienty towards the Learning of Chemistry in Some Ethiopian
Universities. African Journal of Chemical Education, 3(2), 28-
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8301
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.