PENGARUH SIMULASI PhET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TOPIK BENTUK DAN KEPOLARAN MOLEKUL

Fitria Rizkiana(1*), Herlina Apriani(2)

(1) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(2) FKIP, Universitas Islam Kalimantan MAAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan membandingkan motivasi belajar
siswa yang dibelajarkan dengan media simulasi PhET dan
tanpa menggunakan media simulasi PhET. Penelitian ini
menggunakan nonequivalent control group design dengan
70 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian diperoleh
dari angket motivasi model ARCS. Data dianalisis
menggunakan independent sample t-test dan Mann-
Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak
ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang
dibelajarkan dengan media simulasi PhET dan tanpa
media simulasi PhET.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jegede, S.A. 2007. Students’s Anxienty towards the Learning of

Chemistry in Some Nigerian Secondary School. Educational

Research and Review, 2(7), 193-197.

Keller, J. M. 1987. Strategies for Stimulating the Motivation to Learn.

Performance & Instruction, 26(8), 1-7.

Krapp, A. 2005. Basic Needs and the Development of Interest and

Instrinsic Motivational Orientations. Learning and Instruction,

(5), 381-395.

Osborne, J., Simon, S. & Collins, S. 2003. Attitudes towards Science:

A Review of the Literature and Its Implications. International

Journal of Science Education, 25(9), 1049-1079.

Rizkiana, F., Dasna, I.W. & Marfu’ah, S. 2016. Pengaruh Praktikum

dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa

ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan, 1(3), 354-

Sukardjo. 1988. Bentuk Molekul Senyawa kovalen, Problema dan

Pemecahannya dalam Pengajaran Ilmu Kimia. Cakrawala

Pendidikan, 2, 35-48.

Woldeamanuel, M.M., Atagana, H. & Engida, T. 2013. Students’

Anxienty towards the Learning of Chemistry in Some Ethiopian

Universities. African Journal of Chemical Education, 3(2), 28-




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.