PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK E- COMMERCE TOKOPEDIA DI BANJARMASIN

Defin Shahrial Putra(1*), Farida Yulianti(2), Abdurrahim Abdurrahim(3)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorse dan brand
awareness terhadap minat pembelian produk e-commerce Tokopedia di Banjarmasin. Populasi dalam penelitian
ini bersifat tidak terbatas atau tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Sehingga sampel penelitian dengan
teknik convenience sampling, dengan di dasari oleh beberapa pertimbangan yakni terbatasnya dana dan waktu
penelitian. Dengan menggunakan rumus Lemeshow maka di dapat total sampel sebanyak 384 responden dengan
menggunakan alat analisis SEM. Hasil dalam penelitian ini di dapatkan bahwa Celebrity Endorse berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian, dan Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Minat pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmed, Rizwan R., et al. (2016). Impact Of Celebrity Endorsement On Consumer

Buying Behavior. SSRN Electronic Journal. (2016): 1 -11.

Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Chi, H. K., Yeh, H. R. dan Yang, Y. Y. 2009. The Impact of Brand Awareness on Consumer

Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty.

The Journal of International Management Studies, 4(1):135-144.

Goel, Ruchi dan Gupta, Namita. (2014). Survey on Acceptance Testing Technique.

International Journal of Software and Web Sciences. India.

Jalilvand, M.R., Samiei, N., Mahdavinia, S.H. 2011. The Effect of Brand Equity

Components on Purchase Intention. International Business and Management, 2 (2),

- 158.

Lemeshow, S. & David W.H.Jr, 1997. Besar Sampel dalam Penelitian

Kesehatan (terjemahan), Gadjahmada University Press, Yogyakarta.

Malik, Muhammad Ehsan, et al, (2013), “Impact of Brand Awareness and Brand Loyalty in

assessing Purchase Intentions of Consumer”,International Journal of Business and

Social Science Vol. 4 No. 5; May 2013

Prasetyo, Bambang dan Lina M. Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:

Rajawali Pers.

Yaseen, Nazia., Tahira, Mariam., Gulzar, Amir., Anwar, Ayesha. 2011. “Impact of brand

awareness, perceived quality and customer loyalty on brand profitability and

purchase intention : a reseller review”. Journal of contemporary research in

business. Vol. 3 (8) : hal 833-839.

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

http://trendingbisnis.com/index.php/ecommerce/35-top-10-e-commerce-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.