STRATEGI PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA DI UNISKA PADA PROGRAM STUDI HUKUM EKONOMI SYARI’AH BANJARMASIN TAHUN 2017

Abdul Hadi(1*)

(1) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Strategi Pembelajaran mata kuliah akhlak dalam membina karakter religius mahasiswa
di Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari pada program Studi Hukum Ekonomi Syari,ah
Banjarmasin . Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung
serangkaian perbuatan Dosen dan mahasiswa atas dasar hubungan timbal balik yang
berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang
diinginkan perlu adanya sebuah metode dan strategi yang tepat agar mahasiswa mampu
memahami. Dosen harus bisa menjadi uswah hasanah yang nantinya mahasiswa akan
mencontoh apa yang Dosen lakukan dalam kehidupan nyata. Selain itu untuk
menciptakan suasana religius, utamanya dalam upaya membina karakter religius
mahasiswa , seorang dosen harus membiasakan mahasiswa untuk berakhlak mulia dan
religius dengan cara memfasilitasi mahasiswa dengan materi, praktek ibadah¸membaca
Al-Qur’an, saling menghormati dan berakhlak terpuji. Disini dosen mata kuliah akhlak
memiliki peran yang besar dalam membina karakter bernilai religius kepada mahasiswa
karena pada dasarnya mata kuliah Akhlak memiliki konstribusi dalam memberikan
motivasi kepada mahasiswa untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam
bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela
dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui strategi
pembelajaran yang digunakan dosen mata kuliah Akhlak dalam membina karakter
religius mahasiswa Uniska program Studi Hukum Ekonomi Syari,ah . 2) untuk
mengetahui proses dari pembinaan karakter religius di Uniska program studi Hukum
Ekonomi Syari’ah. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif, riset yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan cenderung
menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian kualitatif ini
merupakan penelitian yang tidak menggunakan menghitung atau statistik tetapi melalui
pengumpulan dara, analisis, kemudian diinterprestasikan. Hasil penelitian menunjukkan
1) Bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen mata kuliah Akhlak dalam
membina karakter religius mahasiswa adalah mahasiswa harus mampu mengamati
fenomena yang ada di sekitarnya kemudian dihubungkan dengan materi selain itu juga
dengan uswah hasanah, dari paparan informan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi
pembelajaran lebih mengarah pada strategi pembelajaran kontekstual. 2) Proses
pembinaan karakter religius mahasiswa tidak hanya dilakukan ketika di dalam local dan
tidak hanya menjadi tanggung jawab dosen mata kuliah Agama Islam saja. Dan
diharapkan setelah selesai dari satuan pendidikan mahasiswa bisa menjadi seperti yang
diharapkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, Ali Halim Mahmud. 2003. Tarbiyah Khuluqiyah Pengembangan Diri Menurut

Konsep Nabawi, Terj Afifudin. Solo : Media Insani

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta

Budimansyah, Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:

Wedya Aksara Press

D Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi

Publising

Damayanti , Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan karakter di sekolah.

Yokyakarta: Araska

Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya Al-Jumanatul’Ali, Bandung:

Jumanatul’Ali Art

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia

Hadi, Sutrisni. 2000. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi

Ibnu, Abidin Rusn. 1998. Pemikiran Al-Ghazaki Tentang Pendidikan, Yogyakarta:

Pustaka pelajar

J Moleing, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatid. Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mudjid, Abdul dan Mudzakkir, Jusud. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Mulyasa, E. 2011.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi aksara

Mulyana. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remana Rosdakarya

Nasution, S. 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nazir, M. 1988. Metode Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Pasaribu, I, L, dan Simanjuntak. 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda.

Bandung: Tarsito

Permenag RT No. 000912 tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata

Pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab

Sumani, Mulchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Metode Pendidikan Karakter.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat

Suwito. 2004. Filsafat Pendidikan Akhlak Ibu Miskawaih. Yogyakarta: Belukar

Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Resail Media Group

Undang-Undang Republik Indonesia. No 74 tahun 2009 tentang Guru dan Dosen. 2009.

Bandung: Fokus Media

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. 2009. Jakarta: Karya Gemilang

Uno, Hamzaj B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar

Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

W Santrock, Jhon. 2007. Remaja edisi 11 julid 1, terjemah. Jakarta: Erlangga

Zaenal, Agus Fitrt. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8257

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.