MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX DI SMPN 15 BANJARMASIN

Muhammad Eka Prasetia(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui apakah keterampilan berbicara bisa di tingkatkan melalui layanan
bimbingan kelompok. Subjek penelitian adalah Guru Bimbingan dan Konseling SMPN
15 Banjarmasin dan Siswa Kelas IX di SMPN 15 Banjarmasin. Data dikumpulkan
dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi setelah didapat
data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan juga mencocokkan
jawaban masing-masing informan dari hasil wawancara terhadap informan kemudian
data tersebut diabsahkan dengan menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok bisa meningkatkan keterampilan
bicara siswa dikarenakan dalam melakukan layanan bimbingan kelompok guru BK
melakukan tekhnik home room dan diskusi kelompok dimana kedua tekhnik ini
memicu siswa untuk memberikan pendapat, tanggapan, pertanyaan dan jawaban
berdasarkan topik yang diangkat. Sehingga pada waktu didalam kelas mereka mulai
berani untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat dan tanggapan selama proses
pembelajaran dalam kelas. Dengan demikian untuk meningkatkan keterampilan bicara
siswa melalui layanan bimbingan kelompok langkah yang tepat agar siswa memiliki
keterampilan bicara yang bagus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurahman, Maman. dkk. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian.

Bandung : Pustaka Setia.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan

Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada

Creswell, John W. 2009. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches. Newbury Park: Sage Publications.

Hallen. A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi. Jakarta: Quantum Teaching

Hartinah Sitti, Konsep Dasar Bimbingan Kelompok 2009, Bandung:P.T Reflika

Aditama

http://belajarpsikologi.com/manfaat-bimbingan-kelompok/

https://ewintri.wordpress.com/2012/01/02/bimbingan-kelompok/#more-125

https://herrystw.wordpress.com/2013/01/05/bimbingan-kelompok/

Anonim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber

Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Margiyoto. 2015. Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan

Kelompok Teknik Bermain Peran Bagi Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan-2

SMK Negeri 2 Kebumen Pada Semester 1 Tahun 2015/ 2016. Diambil dari

download. portalgaruda.org/article.php

Nazir. Moh. Metode Penelitian 2003 Jakarta; PT.Ghala Indonesia

Ningsih Suwarti. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui metode bercerita siswa

kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten

Morowali: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614X.

Diambil dari https://media.neliti.com/.../109895-ID-peningkatan-keterampilan-

berbicara-melal.pdf

Patton, MQ. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalis

Indonesia.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling (l.1-L.9). Padang: Universitas

Negeri Padang.

Prayitno.dan Erman, Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konsiling. Jakarta :

Rineke Cipta

Puji Santosa., dkk. 2007. Materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Jakarta:

Universitas terbuka.

Romlah, Tatick. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UNM

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta..

Sukardi Dewa Ketut, Desak P.E. Nila Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan dan

Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulastri.2008. Peningkatan Keterampilan Berbicara Formal Dalam Bahasa Indonesia

Melalui Gelar Wicara. Ja.karta UNJ.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Winkel dan Sri hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi

Pendidikan.Yogyakarta : Media abad

Winkel, W. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.

Gramedia.

Yudha dan Rudiyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan

Keterampilan Anak TK. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8255

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.