MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX DI SMPN 15 BANJARMASIN
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui apakah keterampilan berbicara bisa di tingkatkan melalui layanan
bimbingan kelompok. Subjek penelitian adalah Guru Bimbingan dan Konseling SMPN
15 Banjarmasin dan Siswa Kelas IX di SMPN 15 Banjarmasin. Data dikumpulkan
dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi setelah didapat
data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan juga mencocokkan
jawaban masing-masing informan dari hasil wawancara terhadap informan kemudian
data tersebut diabsahkan dengan menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok bisa meningkatkan keterampilan
bicara siswa dikarenakan dalam melakukan layanan bimbingan kelompok guru BK
melakukan tekhnik home room dan diskusi kelompok dimana kedua tekhnik ini
memicu siswa untuk memberikan pendapat, tanggapan, pertanyaan dan jawaban
berdasarkan topik yang diangkat. Sehingga pada waktu didalam kelas mereka mulai
berani untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat dan tanggapan selama proses
pembelajaran dalam kelas. Dengan demikian untuk meningkatkan keterampilan bicara
siswa melalui layanan bimbingan kelompok langkah yang tepat agar siswa memiliki
keterampilan bicara yang bagus.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurahman, Maman. dkk. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian.
Bandung : Pustaka Setia.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan
Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada
Creswell, John W. 2009. Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches. Newbury Park: Sage Publications.
Hallen. A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi. Jakarta: Quantum Teaching
Hartinah Sitti, Konsep Dasar Bimbingan Kelompok 2009, Bandung:P.T Reflika
Aditama
http://belajarpsikologi.com/manfaat-bimbingan-kelompok/
https://ewintri.wordpress.com/2012/01/02/bimbingan-kelompok/#more-125
https://herrystw.wordpress.com/2013/01/05/bimbingan-kelompok/
Anonim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber
Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Margiyoto. 2015. Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Bermain Peran Bagi Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan-2
SMK Negeri 2 Kebumen Pada Semester 1 Tahun 2015/ 2016. Diambil dari
download. portalgaruda.org/article.php
Nazir. Moh. Metode Penelitian 2003 Jakarta; PT.Ghala Indonesia
Ningsih Suwarti. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui metode bercerita siswa
kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten
Morowali: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614X.
Diambil dari https://media.neliti.com/.../109895-ID-peningkatan-keterampilan-
berbicara-melal.pdf
Patton, MQ. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalis
Indonesia.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling (l.1-L.9). Padang: Universitas
Negeri Padang.
Prayitno.dan Erman, Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konsiling. Jakarta :
Rineke Cipta
Puji Santosa., dkk. 2007. Materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Jakarta:
Universitas terbuka.
Romlah, Tatick. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UNM
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta..
Sukardi Dewa Ketut, Desak P.E. Nila Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan dan
Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sulastri.2008. Peningkatan Keterampilan Berbicara Formal Dalam Bahasa Indonesia
Melalui Gelar Wicara. Ja.karta UNJ.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Winkel dan Sri hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi
Pendidikan.Yogyakarta : Media abad
Winkel, W. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.
Gramedia.
Yudha dan Rudiyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan
Keterampilan Anak TK. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8255
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.