PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MA RAUDHATUSY SYUBBAN KABUPATEN BANJAR
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Madrasah Aliyah sebagai salah satu komponen pendidikan menengah di Indonesia,
banyak memiliki kendala dalam proses belajar mengajar. Pada mata pelajaran kimia,
dirasakan tingkat kemampuan dan motivasi siswa dirasa kurang, hal ini tercermin dari
hasil nilai tryout siswa yang rata-rata di bawah nilai ketuntasan minimal. Penelitian ini
dilakukan dalam proses pembelajaran kimia di MA Raudhatusy Syubban semester gasal
tahun ajaran 2017/2018. Desain yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Pre-test
and Post-test Group Design. Pre-test digunakan untuk mengetahui kondisi awal dari
motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Islami. Post-test digunakan untuk
mengetahui kondisi akhir yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran berdasarkan pada perbandingan hasil Pre-test. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar peserta
didik. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Islami berpengaruh terhadap prestasi dan
motivasi yang meningkat, dikarenakan kesamaan latar belakang keislaman antara obyek
penelitian dengan materi yang disampaikan. Adanya variasi model pembelajaran juga
berpengaruh menambah minat dan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anderman, E. M., & Anderman, L.H. (Ed.). (2009). Psychology of Classroom Learning
an Encyclopedia. New York: Gale Cengage Learning.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Intan Pulungan. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa
Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 47-52.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Situmorang, H., & Situmorang, M. (2009). Keefektifan Media Komputer dalam
Meningkatkan Penguasaan Kimia Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada
Pengajaran Materi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains,
-51.
Syadzili, Hasan. 2015. Teori Atom menurut Asy’ariyyah. Jurnal Kalimah. Vol. 13, No.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8253
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.