UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN

Emilda Prasiska(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu
individu untuk hidup dan bekerjasama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara.
Pembentukan pendidikan karakter harus melibatkan semua pihak dalam mewujudkan
pengembangan nilai luhur, budaya dan karakter bangsa. pendidikan karakter menjadi
sangat mendesak untuk diterapkan secara serentak diseluruh jenjang dan tingkat
pendidikan. Hal ini sebagai upaya agar kemerosotan moral dan perilaku dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat dapat dihindari. Sekolah
merupakan institusi pendidikan yang dipandang sebagai sarana yang paling efektif
dalam pembentukan karakter peserta didik sedangkan guru merupakan pendidik yang
memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah. Mata
pelajaran Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan konsep
kehidupan, pembelajaran mengenai hubungan makhluk hidup dan lingkungan alam
sekitar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis data secara
mendalam mengenai upaya guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada
pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Oleh karena itu
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket berupa
instrument penilaian pendidikan karakter yang diamati saat proses pembelajaran biologi.
Penelitian ini memperoleh data mengenai pemahaman guru dan penilaian pendidikan
karakter pada siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya guru
dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa berkategori sangat baik. Hal ini
dilihat dari tingkat pemahaman guru dan angket penilaian karakter siswa yang
berkategori sangat baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka

Cipta. Jakarta.

Erwan, Muhammad. 2013. Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Oleh Guru

Bimbingan Dan Konseling (Bk). Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Yogakarta.

Florida. 2013. Pemahaman Guru Sejarah Tentang Pendidikan Karakter Dalam

Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri Se-Kabupaten Pemalan. Fakultas Ilmu

Sosial Universitas Semarang.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning Metode Teknik Struktur dan Model

Terapan. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Kadir, Abdul. Ahmad Fauzi. Dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana

Prenadamedia Group. Jakarta.

Kesuma, Dharma., Triatna, Cepi., & Permana, Johar. (2011). Pendidikan Katakter

(Kajian Teori dan Praktik di Sekolah), Bandung : Remaja Rosdakarya.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Pelangi Publishing.

Yogyakarta.

Kuneifi, Amin Elfahmi. 2016. Pengantar Pendidikan. Erlangga. Jakarta.

Permendiknas. 2010. Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 2 tahun 2010

tentang nilai-nilai karakter. Depdiknas. Jakarta.

Purwanto, Ngalimun. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT.

Remaja Rosdakarya. Bandung.

Raka, G. at. All. 2002. Pendidikan Karakter di Sekolah Gagasan ke Tindakan. Jakarta:

Elex Media Komputindo.

Rohman, Muhammad & Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem

Pembelajaran. Prestasi Pusakaraya. Jakarta.

Sadulloh, Uyoh. 2010. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta. Bandung.

Samani, Muclhas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan

Karakter.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Jakarta.

Smith, M. 2006. Contemporary Character Education. Principles Leadership. Vol.6,

no.5, pp. 16-20.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka

Pelajar. Yogyakarta

Sutijan. Hasan Makhfud. Lies Lestari. & Chumdari. 2015. Pengembangan Instrumen

Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal Paedagogia, Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Vol. 18 No. 2 hal.1-9

Sutoyo, Anwar.2009. Pemahamn Individu Observasi, Checklist, Kuesioner

&Sosiometri. Semarang: CV. Widya Karya.

Uno, Hamzah B. Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran

Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

UU Sisdiknas. 2003. Undang-undang sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Pasal 1

dan 3 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8251

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.