PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HABIBAH YS SALON TANJUNG

Syahrani Syahrani(1*), Kumara Efrianti(2), Teguh Wicaksono(3)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Kemajuan perkembangan bisnis kecantikan kian berkembang sehingga menjadi bisnis
yang bersaing dan menguntungkan.Sumber daya manusia sangat beperan dalam segala
kegiatan bisnis dalam menghadapi era globalisasi dan persaingan bisnis Salon karena
hal terrsebut menyebabkan pelanggan mempunyai banyak alternative plihan, apalagi
yang menyangkut masalah pembelanjaan uang,pengelola Salon diharapkan tidak saja
mampu menjual produk dan jasanya, melainkan juga harus terus melakukan perbaikkan
pada sumber daya manusia tersebut, yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Habibah YS
Salon Tanjung pada dengan sample sebanyak 67 orang. Dalam penelitan ini
menggunakan Purposive sampling. Perposive sampling adalah teknik penentuan sampel
dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner)
yang dibagikan kepada pelanggan Habibah YS Salon Tanjung. Dari penelitian secara
simultan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara persial berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan Habibah YS Salon Tanjung dengan sign 0,000 dan
koefisien korelasi antara 0,41 sd 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang dan disertai
dengan signifikasi (sig.) 0,000 < 0,01. Saran yang penulis sampaikan, agar pihak
Habibah YS Salon Tanjung meningkatkan lagi kualitas pelayanan dan tempat yang
memadai agar mendapat kepuasan pelanggan yang sangat nyaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharmisi. 2006. Prosedur Penelitian. BinaAksara, Jakarta.

Amir, Taufiq, Dinamika Pemasaran jelajahi dan rasakan, edisi 1 Jakarta : PT

Raja Grafindo Persada, 2005

Catero, R. Philip Graham, L. John 2010,. International Marketing, 15 Th , Edition

MCGraw-Hill/Irwin 1221 Avenue of Americas, NY 10020

Dessler, Gary, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Prentice Hall. Indonesia

Prasetyo, Dewi, 2009. Pengaruh Kualitas Pelayan Terhadap Kepuasan Pengunjung

pada Obyek wisata Taman eekreasi Pantai Kartini Rembang. Vol.1

Soeratno, H. 2014. Ekonomi Mikro Pengantar, Edisi 5 : Bagian penerbit Sekolah

Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta

Ginting, Nembah F. Hartimbul/ 2011. Manajemen Pemasaran, Bandung Yrama Widya

Gaol Jimmy, L 1992 Manajemen Kepgawaian. Cetakan pertama, Penerbit

Karunika Jakarta, Universitas Terbuka, jakarta

Hasibuan, Malayu SP. 2007 Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia

Gunung Agung, Jakarta

Hadi. Sutrisno. 1992. Metedologi Research, Untuk penulisan Paper,

Skripsi,Desertassi.

Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta

Http:/Blogtutorialspss.blogspot.com/2012/ 08/analisis-jalur-pathanalysis.html.

Philip Kotler and Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas jilid

, edisi bahasa Indonesi 2008

Priyatno, Dewi, 2014. Pengolahan Data Terpraktis SPSS 23

Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Manajemen, Bandung : ALFABETA

Tjiptono, Fandy. 2008. 2008 Strategi Pemasaran ; edisi III, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8243

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.