PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUDI DAYA IKAN DI KELURAHAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Pakat Sasama)

Mohammad Zainul(1*), Periyadi Periyadi(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis (1)
Pengaruh biaya promosi yang teridiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan
serta biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara
parsial maupun simultan. (2) Dimensi biaya promosi mana yang lebih besar
pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok tani pakat
sasama. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta menggunakan metode
analisis dengan SPSS Windows For Data sebagai sebuah alat analisis data. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa dalam analisis regresi linier berganda didapatkan
bahwa biaya promosi yang terdiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan serta
biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara
parsial maupun simultan terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok
tani pakat sasama.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angipora, P.M. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi I, Cetakan I. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Angipora, P.M. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Adoe, K.K. 2007. Analisis Pengaruh Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume

Penjualan Produk Tenun Ikat Pada Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kupang. Jurnal

Mitra Vol. XIII, No. 3, pp. 370-379.

Andriyan, R., M. Hubeis dan A. Munandar. 2011. Kelayakan dan Strategi

Pengembangan Usaha Kelompok Pembudidauaan Ikan Melalui Program Replika

Skim Modal Kerja di Kelompok Tani Ikan Mekar Jaya

Boyd, H.W. 2003. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan orientasi

Global, Alih bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Erlangga.

Baharudin, M. 2005. “Variabel-Variabel Dominan Yang Berpengaruh Terhadap

Kebijakan Promosi Kendaraan Roda Empat di Indonesia”. Available from :

http://www.malang.ac.id/jurnal/fe/ips/2003a.htm.

Chasanah, U. 2001. “Analisis Efektivitas Iklan Rinso, Soklin, dan Attack dengan

Menggunakan Consumer Decetion Model (CDM)”. Yogyakarta : STIE

Djarwanto, PS. Dan Pangestu Subagyo, 1997. Statistik Induktif.

Ducan, T. 1993. “A Study of How Manufacturers and service Companies Perceive and

Use Marketing Public Relations”. Journal of Economic Psychology, Vol. 8 No.

Muncie. IN: Ball State University, pp. 4-8.

David, F.R. 2004. Konsep Manajemen Strategis. PT. Prenhallindo, Jakarta. Dinas

Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur. 2012. Laporan:

Produksi Benih Ikan. Unit Pembenihan Rakyat Kabupaten Cianjur, Cianjur

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang

: Badan Penerbit Undip.

Handoko, T Hani. 1997. Manajemen Edisi II. Yogyakarta : BPFE.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan

Kontrol. Edisi 9, Jilid I Jakarta: PT Prohalindo.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan

Kontrol. Edisi 9, Cet.1 Jakarta: PT. Macana Jaya Cemerlang.

Katke, K. (2007). The Impact of Television Advertising on Child Health & Family

Spending. International Marketing Conference on Marketing & Society.

Retrieved on Dated: 10- 04-2009 from

http://www.itu.int/ITUD/ict/newslog/content/binary/20-2008jpg.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran, Marketing Manajemen, Analisis Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehallindo.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Jakarta : PT Indeks Kelompok

Gramedia.

Kotler, P. 2006. According To Kotler Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran

Menjawab Pertanyaan Anda. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok

Gramedia.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan

Kontrol. Jakarta : PT Prenhallindo.

Kotler, P. and Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid I.

Jakarta : Erlangga

Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit

Ramdina Prakasa.

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danny. 2009. Analisa Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media

Pressindo.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wicaksana, I.N.G. 2008. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Kamar

Pada Hotel Bakung’s Beach di Kuta, Badung” (tesis). Denpasar : Program Pasca

Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8242

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.