PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUDI DAYA IKAN DI KELURAHAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Pakat Sasama)
(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis (1)
Pengaruh biaya promosi yang teridiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan
serta biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara
parsial maupun simultan. (2) Dimensi biaya promosi mana yang lebih besar
pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok tani pakat
sasama. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta menggunakan metode
analisis dengan SPSS Windows For Data sebagai sebuah alat analisis data. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa dalam analisis regresi linier berganda didapatkan
bahwa biaya promosi yang terdiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan serta
biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara
parsial maupun simultan terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok
tani pakat sasama.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angipora, P.M. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi I, Cetakan I. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Angipora, P.M. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Adoe, K.K. 2007. Analisis Pengaruh Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume
Penjualan Produk Tenun Ikat Pada Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kupang. Jurnal
Mitra Vol. XIII, No. 3, pp. 370-379.
Andriyan, R., M. Hubeis dan A. Munandar. 2011. Kelayakan dan Strategi
Pengembangan Usaha Kelompok Pembudidauaan Ikan Melalui Program Replika
Skim Modal Kerja di Kelompok Tani Ikan Mekar Jaya
Boyd, H.W. 2003. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan orientasi
Global, Alih bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Erlangga.
Baharudin, M. 2005. “Variabel-Variabel Dominan Yang Berpengaruh Terhadap
Kebijakan Promosi Kendaraan Roda Empat di Indonesia”. Available from :
http://www.malang.ac.id/jurnal/fe/ips/2003a.htm.
Chasanah, U. 2001. “Analisis Efektivitas Iklan Rinso, Soklin, dan Attack dengan
Menggunakan Consumer Decetion Model (CDM)”. Yogyakarta : STIE
Djarwanto, PS. Dan Pangestu Subagyo, 1997. Statistik Induktif.
Ducan, T. 1993. “A Study of How Manufacturers and service Companies Perceive and
Use Marketing Public Relations”. Journal of Economic Psychology, Vol. 8 No.
Muncie. IN: Ball State University, pp. 4-8.
David, F.R. 2004. Konsep Manajemen Strategis. PT. Prenhallindo, Jakarta. Dinas
Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur. 2012. Laporan:
Produksi Benih Ikan. Unit Pembenihan Rakyat Kabupaten Cianjur, Cianjur
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang
: Badan Penerbit Undip.
Handoko, T Hani. 1997. Manajemen Edisi II. Yogyakarta : BPFE.
Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan
Kontrol. Edisi 9, Jilid I Jakarta: PT Prohalindo.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan
Kontrol. Edisi 9, Cet.1 Jakarta: PT. Macana Jaya Cemerlang.
Katke, K. (2007). The Impact of Television Advertising on Child Health & Family
Spending. International Marketing Conference on Marketing & Society.
Retrieved on Dated: 10- 04-2009 from
http://www.itu.int/ITUD/ict/newslog/content/binary/20-2008jpg.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran, Marketing Manajemen, Analisis Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehallindo.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Jakarta : PT Indeks Kelompok
Gramedia.
Kotler, P. 2006. According To Kotler Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran
Menjawab Pertanyaan Anda. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok
Gramedia.
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan
Kontrol. Jakarta : PT Prenhallindo.
Kotler, P. and Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid I.
Jakarta : Erlangga
Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit
Ramdina Prakasa.
Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, Danny. 2009. Analisa Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media
Pressindo.
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wicaksana, I.N.G. 2008. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Kamar
Pada Hotel Bakung’s Beach di Kuta, Badung” (tesis). Denpasar : Program Pasca
Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8242
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.