PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI FAKULTAS STUDI ISLAM UNISKA MAB BANJARMASIN

Abdul Hafiz(1*)

(1) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Bahasa Arab di Indonesia pada dasarnya bukanlah bahasa yang asing untuk dipelajari.
Hal ini setidaknya didukung dalam kenyataannya bahwa bahasa Arab dalam masyarakat
dan kebudayaan nasional sedikit banyak telah berperan sejak berkembangnya agama
Islam di Indonesia. Pembelajaran bahasa arab sering mendapatkan permasalahan,
diantaranya mahasiswa tidak bersemangat dalam belajar. Tidak memahami materi yang
diberikan. Karena kebanyakan dari mahasiswa Uniska adalah pemula. Dan bahkan
banyak mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya. Penelitian ini
merupakan penelitian metode kualitatif. Kajian ini bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan
proses pelaksanaan program pembelajaran bahasa Arab dari sisi materi dan metode
pembelajarannya. Adapun jenis data yang dikumpulkan dalam kajian ini merupakan
jawaban atas pertanyaan penelitian yang diajukan terhadap masalah yang dirumuskan
pada tujuan yang telah ditentukan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nanin Sumiarni, Pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di pusat bahasa dan

budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dalam jurnal Holistik Volume 15

Nomor 01, 2014

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta; Pustaka

Pelajar), hal xii




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8219

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.