Analisis Pengaruh Nilai Jasa Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Kharisma Banjarmasin
(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Evaluasi terhadap nilai jasa dapat membangun kepercayaan dan persepsi positif dalam
upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan. Nilai jasa bagi peserta didik terhadap
lembaga pendidikan dan keterampilan merupakan salah satu faktor kunci dalam
membangun hubungan jangka panjang dan dapat dijadikan salah satu sumber
keunggulan kompetitif bagi lembaga pendidikan dan keterampilan dalam memelihara
dan menarik minat peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan
menganalisis pengaruh nilai jasa terhadap kepuasan peserta didik pada Lembaga
Pendidikan dan Keterampilan Kharisma Banjarmasin. Dengan menggunakan metode
Purposive Sampling, terdapat 44 orang sampel sebagai responden dari seluruh populasi
peserta didik pada LPK Kharisma. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi
Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara nilai jasa terhadap kepuasan peserta didik pada LPK Kharisma
Banjarmasin.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, MM & Parvez N 2009, Impact of service quality, trust and customer satisfaction
on customer loyality, ABAC Journal, vol 29, No.1.
Anonim,2009, The Development of Indicators and Assessment Tools for Cso projects
promoting value – based education for sustainable Development.
Ferdinand, A 2006, Structural Equation Modelling dalam penelitian manajemen,
Semarang, penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesepuluh, PT. Prehallindo, Jakarta.
Kotler, P & Susanto, AB 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat.
Kotler, Philip & Keller, K 2009 , Manajemen Pemasaran,Edisi Tiga Belas Jilid Dua,
Penerbit Erlangga, Jakarta.
Lovelock, C. Wirtz J. & Mussry, J 2010, Pemasaran Jasa,Perspektif Indonesia Jilid 1,
Erlangga.
Mohamad, AA 2012, The effect of brand trust and perceived value in building brand
loyality, jurnal of finance and economics, vol.85.
Ong, Wee Ming & Nankervis, 2012 Service Quality in higher education :Student
perception in Australia and Malaysia, Review of integrative business and
economics research, Vol. 1, no. 1
Publikasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin, www.jdih.bjm.web.id
Publikasi Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi, www.antaranews.com
Publikasi Badan Akreditasi Nasional PNF, web.banpnf.or.id
Publikasi BPS, www.bps.go.id (Tanggal akses : 17 Februari 2013)
Raza, et.al. 2012, Relationship between service quality, perceived value , satisfaction
and revisi intention in hotel industry, Journal of contemporary research in business.
Setiawati, R & Putri, A 2012, The impact of perceived value on customer
satisfaction,loyalty, recommendation and repurchase, International conference on
trade, tourism & managing, Bangkok.
Shptim, C 2012, Exploring the relation among service quality, satisfaction, trust and
store loyalty among retail customers, journal of competitiveness, Vol. 4.
Yaqub, Malik & Shah 2010, The roles of satisfaction, trust and commitment in value
creation in strategic networks, European journal of economic, finance and
administrative sciences.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8213
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.