PERSEPSI DAN REAKSI KONSUMEN TERHADAP PEMBERLAKUAN PELARANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK SEBAGAI KEMASAN PADA PUSAT PERBELANJAAN MODERN (STUDI KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNISKA MAB BANJARMASIN)

Prihatini Ade Mayvita(1*), Erni Alfisah(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui persepsi masyarakat sebelum dan sesudah
adanya pemberlakukan kantong plastik berbayar (2) mengetahui reaksi masyarakat
dengan adanya pemberlakuan plastik berbayar. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen ritel pusat perbelanjaan modern studi konsumen di lingkungan Uniska MAB
Banjarmasin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate
stratified random sampling menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data
menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji instrument
(validitas dan reliabilitas), statistic deskriptif dan uji hipotesis Uji Kruskall-Wallis, Uji
Paired samples t Test dan Uji Sperman dan Kendall. Hasil penelitian untuk uji analisis
reaksi konsumen setelah adanya larangan penggunaan kantong plastik sebagai kemasan
di pusat perbelanjaan modern dengan nilai 0,860 menunjukkan hasil identik atau tidak
berbeda secara signifikan. Hasil uji anasis persepsi konsumen sebelum dan sesudah
adanya pelarangan pemberian kantong plastik dengan nilai uji 0,001 mengandung arti
bahwa persepsi konsumen sebelum dan sesudah perlakuan adalah berbeda secara
signifikan. Sedangkan hasil uji untuk reaksi dan persepsi konsumen tentang pelarangan
pemberian kantong plastik sebagai kemasan dengan nilai 0,111 mengandung arti bahwa
tidak terdapat hubungan antara reaksi dan persepsi tersebut. disimpulkan bahwa
konsumen dapat menerima kebijakan pemerintah tentang pelarangan pemberian kantong
plastik di pusat perbelanjaan modern, namun konsumen sebagian masih belum
menerima apabila pihak ritel (pusat perbelanjaan) tidak menyediakan kemasan untuk
membawa barang belanja mereka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous. 2016. Plastik. (Online). (http://id.wikipedia.org/wiki/Plastik, diakses pada

Agustus 2016)

Anonimous. 2016. Ancaman Bencana Di Balik Kantong Plastik. (Online).

(http://kompas.com//Ancamanbencanadibalikkantongplastik, diakses pada 11

Agustus 2016)

Azwar, Saifuddin, 2000,Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Lerdy, L & Anityasari, M. (2011). Permodelan Consumer Acceptance Terhadap Produk

Pengganti Tas plastik dengan Metode SEM. (Studi Kasus Konsumen Ritel di

Surabaya). ITS, Surabaya.

Maulana Heri DJ. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku

Kedokteran EGC

Notoatmodjo S. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursyifani (http:///bisnis.com/bisnis-indonesia/read/20131116 /250/187285/diet-

plastik-yuk. Diakses 16 Agustus 2016)

Prasetia Wati, Tutut, 2004. Persepsi dan Reaksi Masyarakat Lokal Terhadap

Keberadaan Rice Processing Unit (RPU) di Kutai Kertanegara. EPP vol1 No.1.

PS Ekonomi Pertanian,Fakulyas Pertanian Universitas Mulawarman.

Rahmat, Jallaludin. 1990. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Robbins, Stephen P., 1996. Perilaku Organisai : Konsep, Kontroversi, aplikasi, edisi

Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Prenhalindo,

Vindiasari Yunizha,http://kseugm.org/berdiri-dengan dua-kaki-di-kebijakan-kantong-

plastik-berbayar (diakses tanggal 30 Agustus 2016)

Walgito, Bimo. 1989. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

Sarwono Wirawan, Sarlito DR., 1976. Pengantar Umum Psikologi, Jakarta : P T. Bulan

Bintang,

Sekaran, Uma, 1992, Research Method for Business, Southern Illinois University at

Carbonde

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Jakarta

Sri Noviyanti, http:Kompas.com. Ancaman Bencana dibalik Kantong plastik (diakses

tanggal 16 Agustus 2016)

Schiffman, L.G., & Kanuk. L. (2007). Perilaku konsumen. Jakarta: PT. Index.

Sulchan M, Endang NW. 2007. Keamanan Pangan kemasan Plastik dan Styrofoam.

MKI, 57(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8212

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.