PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Research and Development (R&D). Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berbasis Pedagogical
Chemistry Knowledge (PChK). Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan sebagai
bentuk program jangka pendek dari penyusunan seluruh perangkat pembelajaran berbasis
PChK khususnya bagi Program Studi Pendidikan Kimia di Universitas Islam Kalimantan
Muhammad Arsyad Al Banjari. Tujuan jangka panjangnya adalah menghasilkan lulusan
(guru kimia) yang memiliki kemampuan pedagogi dan keilmuan untuk dapat mengajarkan
kimia tidak hanya pada postulat, teori, atau hukum, namun juga mengedepankan aspek
proses ilmiah dan perkembangan mutakhir dalam mata pelajaran kimia itu sendiri,
sehingga mereka memiliki kemampuan mengajar yang lebih baik. Pentingnya penerapan
proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PChK juga
disebabkan oleh adanya kondisi yang mewajibkan seorang dosen kimia untuk senantiasa
mengembangkan konsep dasar keilmuannya disertai dengan kemampuan mengajar yang
baik (pedagogi). Selain itu dalam proses pembelajaran sains (khususnya kimia) sangat
jarang ditemukan seorang pengajar mengimplementasikan konsep-konsep pembelajaran
sebagaimana yang disebutkan dalam konsep belajar PChK. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dalam penelitian ini mencakup pada penyusunan Rencana Pembelajaran
Semester (RPS) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Prosedur pengembangan yang
dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang
dikemukakan oleh Borg dan Gall namun dengan adanya modifikasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bond, J., & Robinson. 2005. Identifying Pedagogical Content Knowledge (PCK) in the
Chemistry Laboratory. Journal of Chemistry Education Research and Practice, 6(2),
-103.
Eli Rohaeti, Endang W.LFX., & Regina T.P. 2008. Pengembangan LKS Mata Pelajaran
Sains Kimia untuk SMP Kelas VII, VIII, dan IX. Artikel Penelitian UNY.
Herlanti Y. 2011. Model Supervisi Pendidikan Sains Berbasis Pedagogical Content
Knowledge. Bogor: Tabloid Aksara Edisi 42-25.
Hofstein, A. 2005. Chemistry Teachers’ Professional Development for the Implementation
of New Content and Pedagogical Standards. Jurnal online diakses pada tanggal 14
April 2012 dari www.iupac.org/publications/cei.
Lukman Abdul Rauf Laliyo. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan
Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 1-8.
Newsome, J.G., & Lederman, N.G. 2001. Examining Pedagogical Content Knowledge.
Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Padilla, K., & Van Driel, J. 2011. The Relationships Between PCK Components: The
Cause of Quantum Chemistry Professors. Journal of Chemistry Education Research
and Practice. 12, 367-378.
Poppy K. Devi. 2008. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Kimia Melalui Kegiatan
MGMP Wilayah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6-6.
Sudjana. 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8194
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.