PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK SISWA KELAS IV & V DI SDIT UKHUWAH BANJARMASIN

Eka Sri Handayani(1*), Laelatul Anisah(2)

(1) 
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan merupakan salah satu unsur fundamental dalam kehidupan manusia. Bisa
dikatakan pendidikan menjadi bagian dari kebutuhan individu. Sekolah sebagai lembaga
pendidikan formal diharapkan memiliki kualitas yang baik sehingga mampu memenuhi
kebutuhan masyarakat. Untuk memenuhi tuntutan masyarakat dengan kualitas pendidikan
yang baik dengan tuntuttan pekerjaan dan kesibukan maka lahirlah sekolah-sekolah Full
Days Scholl atau Half Days School tentu saja yang akan muncul pertanyaan adalah
bagaimana dengan perkembangan anak apakah mampu menyesuaikan atau tidak maka
peneliti tertarik untuk meneliti “Pengaruh Full Day Scholl terhadap Perkembangan
Kepribadian Anak Siswa Kelas IV dan V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin”. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan metode diskriptif kuantitatif, Teknik analisis regresi
linier Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDIT Ukhuwah
Banjarmasin, dengan jumlah keseluruhan berjumlah 88 orang siswa. Pada tabel Model
Summary dapat dilihat nilai R sebesar 0,546 yang berarti Full Day School mempunyai
peranan yang cukup erat terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Koefisien determinasi
(R 2 atau R square) sebesar 0,298, hal ini menunjukkan peranan Full Day School terhadap
Perkembangan Kepribadian Anak sebesar 29,8%, sedangkan selebihnya merupakan faktor
lain. Sehingga melalui rumus Y’ = a + bx, maka Y’ = 84,677 + 0,432x. Dapat diartikan
bahwa jika Full Day School mengalami kenaikan 1 (satu) poin (misalnya 84,677 →
85,677), maka Perkembangan Kepribadian Anak akan mengalami peningkatan sebesesar
0,432. Koefisien bernilai positif maksudnya adalah terjadi hubungan positif antara Full
Day School dengan Perkembangan Kepribadian Anak. Artinya, semakin tinggi Full Day
School maka semakin tinggi Perkembangan Kepribadian Anak, dan sebaliknya. Dengan
demikian dapat ditemukan bahwa t hitung > t tabel (6,048 > 1,988) dan p < 0,05 (0,000 <
0,05).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim Sudarman, Prof, Dr, Khairil, Dr. H. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT

Refika Aditama.

Doni, Koemoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Nor Hasan. 2006. Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran bahasa Asing). Jurnal

Pendidikan, Tadris Vol 1, No 1, 114-115.

Priyatno, D. 2010. Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Santrok, John W. 2002. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5 Jilid

Jakarta: Erlangga.

Sjarkawi, Dr, M.Pd. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. 2005. Penerapan Full Day School dalam Lembaga Pendidikan Islam.

Jurnal Pendidikan, Ta’allim Vol 29, No 2, 204.

Syamsu, Yusuf. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja

Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8192

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.