THE STUDENTS’ PROBLEMS, EFFORTS AND EXPECTATIONS IN PRACTICING SPEAKING AT MTS AL-INAYATUT THOLIBIN BANJARMASIN

M. Arbain(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan permasalahan yang dialami oleh siswa, upaya-
upaya yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan dan harapan dalam praktik
berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Permasalahan yang
dialami siswa dalam praktik berbicara meliputi perasaan gugup, rasa percaya diri yang
rendah, perasaan malu, takut membuat kesalahan/takut diejek, kurangnya penguasaan
kosakata/pengetahuan tata bahasa, pengucapan yang buruk, kelancaran yang buruk, sering
dikoreksi/diinterupsi saat salah ucap, jarang berbahasa Inggris dan berbahasa Inggris
dicampur dengan bahasa Indonesia/bahasa ibu, ruang kelas ribut dan sering diganggu atau
diolok-olok. Usaha yang dilakukan berupa bersikap tenang saat mereka gugup berbicara,
tetap berbicara semampunya, meminta guru mengingatkan yang lain untuk tetap tenang,
membawa kamus atau bertanya kepada teman atau guru, meminta guru menjelaskan tata
bahasa, mengucapkan kata setepat mungkin atau meminta guru membetulkan kesalahan
pengucapan mereka, mendengarkan apa dikatakan guru, berbahasa Inggris semampunya,
tetap tenang, meminta guru mengingatkan yang lain untuk tidak mengganggu/mengolok-
olok mereka. Harapan-harapan siswa berupa dalam praktik berbicara diberi atau
ditanamkan motivasi, ditanamkan rasa percaya diri, kesalahan mereka ditolerir, banyak
diberi penjelasan tata bahasa, dibentuk kegiatan berguna/kelompok belajar bahasa Inggris,
tidak dikoreksi/dinterupsi di depankelas, banyak berbahasa Inggris, kelas kondusif, dan
meminta guru untuk mengingatkan yang lain agar tidak mengganggu atau mengolok-olok.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, R. L. 2004. Learning to Teach Guide to Field Experience and Portopolio

Developments to Accompany (6 th edition). Connecticut: Central Connecticut

University.

Ary, D. Jacobs, L. Chaser &Razavieh, A. 2002.Introduction to Research in Education.(6 th

edition).Belmonth: Wards word Group.

Arsyad, Muhammad. 2014. Students’ Problems in Developing Skills at Midwifery

Academic Study of BanuaBinaHusadaBanjarbaru. UNISMA: Unpublished Thesis.

Bailey, K. M., &Nunan, D. 1996.Voices from the Language Classroom: Qualitative

Research on Language Education. New York: Cambridge University Press.

Brown, H.D. 2007.Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language

Pedagogy (3 nd edition). Cambridge: Cambridge University Press.

Brown and Nation (http://www.jalt-publications.org/tlt/files/97/jan/speaking.html)

Byrne, D. 1997. Teaching Oral English. London: Longman

Gebhard, J. G. 2006. Teaching English as A Foreign or Second Language. University of

Michigan.2 nd Edition.

He, Summer X & Chen, Amanda J.Y, 2010, How to Improve Spoken English. [Online]

Available:

http://sites.google.com/site/languagejournal/Home/how-to-improve-spoken-english

(February 19, 2016)

Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary.Oxford University Press.

Horwitz, E. K., Tallon, M., &Luo, H. 2010.Foreign language anxiety.In J. C. Cassady

(Ed.), Anxiety in schools: The causes, consequences, and solutions for academic

anxieties (pp. 95-115). New York: Peter Lang.

Lawtie, F. 2004. Teaching Speaking Skill to Overcome Classroom Problems. (Outline:

http://www.teachingenglish.org.uk/think/articles/teaching-speaking-skills-

overcoming-classroom-problems, accessed 9 December 2016)

Miles, B, Mathew and Michael Hubberman.1994.Qualitative Data Analyze. New York:

Sage Publication.

Nunan, D. 2003. Practical English Language Teaching. New York: McGraw Hill.

Nunan, D. 1996. Language teaching methodology.London: Prentice hall.

O’Malley, J. M., and A. U. Chamot. 1990. Learning Strategies in Second Language

Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Richard, J. and Schmidt, Richard.2002. Longman Dictionary of Language Teaching and

Applied Linguistics.(3 rd edition): London: Longman.

Tsui, A. B. M. 1996. Reticence and anxiety in second language learning. In K. M. Bailey

and D. Nunan (eds.), Voice from the Language classroom: Qualitative research in

second language education(pp. 145-167). Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.