PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INGGRIS TEKNIK MESIN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB

Angga Taufan Dayu(1*), Hidayatullah Hidayatullah(2), Raudhatul Haura(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu memberikan materi bahasa Inggris yang sesuai untuk keperluan
mahasiswa jurusan teknik mesin. Adapun target luaran penelitian ini yaitu akan disusunnya
satu modul bahan ajar Bahasa Inggris untuk keperluan mahasiswa teknik mesin dan hasil
penelitian ini akan di seminarkan pada konferensi pengajaran bahasa Inggris di Padang
2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif;
digunakan untuk pengumpulan data dalam analisis keperluan pembelajar menggunakan
pendekatan ESP. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan analisis 3K
(Keperluan,Keinginan dan Kekurangan). Untuk mengkaji bahan ajar pembelajaran ESP
pada program studi teknik mesin peneliti melihat dengan tiga perspektif, yakni (analisis
keperluan,analisis keinginan dan analisis kekurangan). maka dapat dikatakan bahwa
bahan ajar yang tersedia sebagai mana ditunjukkan dalam silabus mata kuliah ESP
baru memenuhi sebagian dari seluruh karakteritik yang ada. Jika dianalisis lebih
lanjut tentang kebutuhan mahasiswa jurusan teknik mesin tentu harus didekati dari
berbagai aspek yang melingkupinya. Artinya, pengembangan bahan ajar ESP harus
diarahkn pada disiplin dan bidang keilmuan. Oleh karena itu, substansi dan isi ESP
dikaitkan dengan tema dan topik pada bidang ilmu tertentu, jenis pekerjaan atau
aktivitas tertentu. Di sini, ESP harus diarahkan pada bidang keilmuan yang dipayungi
oleh konteks keislaman. Dengan kata lain, ESP yang dikembangkan pada jurusan teknik
mesin seharusnya diarahkan pada bidang keilmuan dilingkupi bidang kajian keislaman.
ESP juga harus berpusat pada bentuk kebahasaan yang sesuai dengan aktivitas dan
bidang keilmuan atau pekerjaan. Secara linguistik, bentuk bahasa yang paling terkecil
dapat dianalisis secara komprehensif melalui fonetik dan fonologi yang bidang
kajiannya menggarap hal-hal yang berhubungan dengan bunyi dan fonem. Pada level kosa
kata dengan segala kategori dan struktur pembentukannya dianalisis dalam bidang
kajian morphology, kemudian pada level kalimat yang mencakup frasa dan klausa dikaji
secara mendalam melalui bidang keilmuan sintaksis. Di samping itu, receptive skills
seperti listening dan reading serta productive skills seperti speaking dan writing
merupakan bagian yang terpisahkan dengan ESP.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, J. P. B., & Widdowson, H. G. (1974). Teaching the communicative use of English.

International Review of Applied Linguistics. XII(I).

Allwright, R. L. (1982). Perceiving and pursuing learners’ needs. In M. Geddes, & G.

Coffey, B. (1984). ESP-English for specific purposes. Language Teaching, 17(1).

Anthony, L. (1997). ESP: What does it mean? Retrieved from the World Wide Web on

Dec. 5, 2006, on CUE.

Clapham, C. (1996) . The development of IELTS: a study of the effect of background

knowledge on reading comprehension. Cambridge: Cambridge University Press.

Carver, D. (1983). Some propositions about ESP. English for Specific Purposes, 2, 131-

Close, R. A. (1992). A teachers’ grammar: The central problem of English. Hove:

Language Teaching Publications.

Douglas, D. (2000). Assessing language for specific purposes. Cambridge: Cambridge

University Press.

Dudley-Evans, T. (1998). An Overview of ESP in the 1990s. Paper presented at The Japan

Conference on English for Specific Purposes, Fukushima.

Dudley-Evans, A., & St. John, M. J. (1998). Developments in ESP: a multi-disciplinary

approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Ewer, J. R., & Latorre, G. (1969). A course in basic scientific English. London: Longman.

Halliday, M. A. K., McIntosch, A., & Strevens, P. (1964). The linguistic science and

language teaching. London: Longman.

Hutchinson, T., & Waters, A. (1987). English for specific purposes: A learning centered

approach. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.