PENGETAHUAN IBU DAN PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD TERPADU MA’RIFAH ASHFIA BANJARBARU

Septi Anggraeni(1*), Siska Dhewi(2)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA
(*) Corresponding Author

Sari


Pertumbuhan dan perkembangan pada masa prasekolah merupakan tahap dasar yang
sangat berpengaruh dan menjadi landasan untuk perkembangan selanjutnya. Berbagai
upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak dapat dilakukan oleh orang-orang yang
berada disekitar anak, terutama ibu. Peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses
perkembangan anak secara keseluruhan, karena itu diperlukan pengetahuan dan sikap yang
benar oleh ibu tentang pemberian stimulasi agar perkembangan anak dapat optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan ibu tentang stimulasi
perkembangan anak dan bagaimana pemberian stimulasi perkembangan oleh ibu pada anak
usia prasekolah meskipun anaknya sudah diikutsertakan dalam PAUD. Penelitian pada
tahun 2016 dan dilaksanakan pada 52 ibu yang memiliki anak usia prasekolah (3-5) tahun
di PAUD Terpadu Ma’rifah Ashfia Banjarbaru. Instrumen penelitian ini yaitu kuesioner.
Secara deskriptif diperoleh hasil pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak
sebagian besar berada pada kategori baik (69,2%) dan Pemberian stimulasi oleh ibu pada
anak usia prasekolah sebagian besar dalam kategori jarang melakukan stimulasi yaitu
sebanyak 55,8%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen. 2010. Profil Perkembangan Anak. Jakarta: IKAPI

Ariyana, D., Rini, N.S. 2009. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak

dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang, Jurnal Keperawatan, Volume 2, No 2.

(11-20).

Gandasetiawan, R.Z. 2009. Mengoptimalkan IQ dan EQ Anak Melalui Metode

Sensomotorik. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Harjaningrum, T.A. 2005. Ibu Bekerja Mencari Solusi. Bandung : CV Mandar Maju

Hidayati, E. 2008. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Psikomotor Anak

Usia 3-5 tahun di Desa Sarirejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Jurnal

Keperawatan, 1(2),12-22

Kemenkes RI. 2010. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh

Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian

Kesehatan Republik Indonesia

Lindawati. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak

Usia Prasekolah. Jurnal Health Quality 4(1): 22-27

Maulina, dkk. 2015. Perbedaan Peran Ibu dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia

Prasekolah Pada Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Di wilayah Kerja Puskesmas

Banyu Urip Surabaya. Universitas Airlangga.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: EGC

Soetjiningsih, 2007. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:EGC.

Sujiono B, dkk. 2005. Menu Pembelajaran anak usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra

Pendidikan Indonesia.

Werdiningsih, A dan Kili A. 2012. Peran Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak

Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal STIKES 5(1):82-98

Wong, D.L, et al. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatric. (Agus Sutarna, et al,

Penerjemah). Jakarta : EGC




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.