PENGETAHUAN IBU DAN PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD TERPADU MA’RIFAH ASHFIA BANJARBARU
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA
(*) Corresponding Author
Sari
Pertumbuhan dan perkembangan pada masa prasekolah merupakan tahap dasar yang
sangat berpengaruh dan menjadi landasan untuk perkembangan selanjutnya. Berbagai
upaya untuk mengoptimalkan perkembangan anak dapat dilakukan oleh orang-orang yang
berada disekitar anak, terutama ibu. Peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses
perkembangan anak secara keseluruhan, karena itu diperlukan pengetahuan dan sikap yang
benar oleh ibu tentang pemberian stimulasi agar perkembangan anak dapat optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan ibu tentang stimulasi
perkembangan anak dan bagaimana pemberian stimulasi perkembangan oleh ibu pada anak
usia prasekolah meskipun anaknya sudah diikutsertakan dalam PAUD. Penelitian pada
tahun 2016 dan dilaksanakan pada 52 ibu yang memiliki anak usia prasekolah (3-5) tahun
di PAUD Terpadu Ma’rifah Ashfia Banjarbaru. Instrumen penelitian ini yaitu kuesioner.
Secara deskriptif diperoleh hasil pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak
sebagian besar berada pada kategori baik (69,2%) dan Pemberian stimulasi oleh ibu pada
anak usia prasekolah sebagian besar dalam kategori jarang melakukan stimulasi yaitu
sebanyak 55,8%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Allen. 2010. Profil Perkembangan Anak. Jakarta: IKAPI
Ariyana, D., Rini, N.S. 2009. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak
dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di
TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang, Jurnal Keperawatan, Volume 2, No 2.
(11-20).
Gandasetiawan, R.Z. 2009. Mengoptimalkan IQ dan EQ Anak Melalui Metode
Sensomotorik. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
Harjaningrum, T.A. 2005. Ibu Bekerja Mencari Solusi. Bandung : CV Mandar Maju
Hidayati, E. 2008. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Psikomotor Anak
Usia 3-5 tahun di Desa Sarirejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Jurnal
Keperawatan, 1(2),12-22
Kemenkes RI. 2010. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh
Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian
Kesehatan Republik Indonesia
Lindawati. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak
Usia Prasekolah. Jurnal Health Quality 4(1): 22-27
Maulina, dkk. 2015. Perbedaan Peran Ibu dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia
Prasekolah Pada Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Di wilayah Kerja Puskesmas
Banyu Urip Surabaya. Universitas Airlangga.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: EGC
Soetjiningsih, 2007. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:EGC.
Sujiono B, dkk. 2005. Menu Pembelajaran anak usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra
Pendidikan Indonesia.
Werdiningsih, A dan Kili A. 2012. Peran Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak
Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal STIKES 5(1):82-98
Wong, D.L, et al. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatric. (Agus Sutarna, et al,
Penerjemah). Jakarta : EGC
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8187
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.