SEJARAH RIWAYAT DAN MNGENAL KARANGAN KARANGAN SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY

Abdul Hadi(1*)

(1) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Syekh Muhammad Arsyad adalah seorang tokoh karismatik ulama Banjar Kalimantan
Selatan beliau lahir pada tanggal 13 safar 1112 H. dan meninggal tahun 1227 H (1710-18120 disebuah desa Lok Gabang dekat Martapura. Ayahnya bernama Abdullah dan Ibunya bernama Aminah. Ketika unur 8 Tahun ia dipungut oleh Sultan Tamjidillah untuk di didik di istana Kerajaan Banjar Martapura. Kitab kitab hasil karya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary ini dapat dibebedakan atas 3 kelompok : Kitab kitab Tauhid , yakni yang bertujuan menetapkan keyakinan iman dan aqidah yang benar , kitab kitab ini adalah Ushuluddin dan Tuhfatur Raghibin., Kitab Fiqih , yang membicarakan masalah masalah ibadah dan amaliyah , yakni tentang segala tindakan manusia baik yang mempunyai hubungan dengan tuhan Nya ataupun segala yang berhungandengan manusia . Kitab kitab ini adalah . Sabilal Muhtadin Lit–tafaqquh fi amriddin ,kitabun nikah , kitabut Faraid, Nukhtatul Ajlan, Hasyiah Fathil Kitab Tasawuf , untuk mendapatkan kedamaian bathin dalam berhungan dengan tuhan Nya , kitab
kitab ini adalah ; Kanzul Ma,rifah, b Al Qaulul Mukhtashar. Diantara karya karya Syekh
Muhammad Arsyad Al banjary itu yang termashur dan banyak diajarkan dalam pengajian – pengajian sampai sekarang ini adalah : Kitab ini ditulis pada tahun 1188 H. Bertepatan pada tahun 1774 M. Terdiri atas 28 halaman , menggunakan huruf Arab, dengan bahasa Melayu. Tujuan jangka panjang agar semua orang bisa memakai karangan karangan beliau , sesuai dengan keinginan masyarakat luas, sedangkan target yang di capai diharapkan masyarakat secara umum minimal mengetahui sejarah sejarah kehidupan beliau serta mengetau paling tidakj belajar apa yang beliau sampaikan dalam sebuah buku atau karangan, maka dalam kesempatan ini penulis ingin membuat dalam sebuah karya ilmiah atau sebuah penelitian yang mana nama beliau sendiri kita pakai sampai saat ini yaitu sebuah perguruan Tinggi Swasta yang ada di Banjarmasin ( Universitas Muhammad Arsyad Al banjary ) .


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Daudi Maulana Syekh Muhammad Arsyad al-Banjary Tuan Haji Besar , Martapura, Sullamul Ulum, 1980.

Amin Jaz Masalah Mistik , Tasawuf dan Kebatinan , Bandung Al Ma,arif 1980.

Asywadi Syukur , Ilmu Tasawuf, jilid I Surabaya Bina Ilmu .1978.

Abdurrahman Shiddiq , Syajarah al-Arsyadiyah , Singapura , Matba,ah Ahmadiyah 1931.

Abbas Zainal Arifin, Ilmu Tasawuf, Fa. Maju, Medan, tahun 1968.

Abbas, Haji Zainal Arifin, Ilmu Tasawuf, Firma Maju, Medan, tt

Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya Ulumiddin, Mustafa Al-Babi Al Halabi, Cairo, tt

AnTemas Anggraini, Orang Terkemuka dalm Sej Kalimantan, Anggraini Faturi, Bjm, 1971.

Baidawi, Nasruddin, Tafsir Al-Qur’an Qarim, Matba’ah al-Masyahad, Al-Husein, Cairo, tt

Dudung Abdurrahman, Metode Penelitian Sejarah, Jakarta Logos Wacana Ilmu 1999.

Idwar Saleh , Sekilas mengenai Dakwah Banjar dan Kebudayaan sungainya Banjarmasin, P& K Kal Sel 1974.

Kadir Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary, pelepor Dakwah Islam di Kalimantan Selatan Mimbar Utama , no. 6. 1976.

Layli Mansur kitab ad-Darn Nafis , Tinjauan atas suatu ajaran Tasawuf, Skripsi FU IAIN Antasari Banjarmasin 1981

Zafry Zammzam, Riwayat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Harian Utama, 27-9-1972

Zafry Zamzam , Syekh Muhammad Arsyad al Banjari sebagai ulama juru da’wah , Percetkan Karya, Banjarmasin197




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.