Pengaruh Media Kantong Nilai dan Kartu Bilangan Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Hamdan Husein Batubara(1*), Abdul Hafiz(2)

(1) Fakultas Studi Islam. Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Studi Islam. Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Proses pembelajaran matematika seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari sehingga proses pembelajaran matematika memerlukan penggunaan media atau alat peraga yang dapat menyederhanakan materi matematika dan menampilkannya secara kontekstual. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan langkah-langkah penggunaan kantong nilai dan kartu bilangan pada proses pembelajaran matematika dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda dan mengukur prestasi siswa sebelum dan sesudah eksperimen dilaksanakan. Hasil analisa data penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F hitung siswa MI Sunan Giri = 179,713 > 4,28 (F Tabel ), dan hasil F hitung siswa MI Yaspuri= 58,743 > 4,18 (F Tabel ). Artinya penggunaan media kantong nilai dan kartu bilangan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MI Sunan Giri dan MI Yaspuri Malang. Jadi, penggunaan media kantong nilai dan kartu bilangan terbukti dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika dan menjadikan siswa senang dalam belajar matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2012. Masa Depan Indonesia Ditentukan Penguasaan Matematika. KoranPendidikan; Bernalar dan Berhati Nurani Edisi 409/III/ April 2012 .

Nurfadilah. 2010, 03 06. Pembelajan IPS di SD. Dipetik dari Blog Nurfadilah: http://nurfadlillah.wordpress.com pada 1 Oktober 2016.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Usman, M. B., & Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.