PERSEPSI KARIR KARYAWAN TENAGA PENJUAL PADA PUSAT PERBELANJAAN MODERN

Rahmi Widyanti(1*)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persepsi dalam memilih karir tenaga penjual pada pusat perbelanjaan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan penjualan pada Duta Mall Banjarmasin sejumlah 268 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan rumus Slovin ditentukan sampel penelitian sejumlah 74 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Metode analisis data menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), statistik deskriptif, dan uji hipotesis (uji Kruskall-Wallis), dengan programSPSS 20.0 for Windows. Hasil uji Kruskall-Wallis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi karyawan tenaga penjual dalam memilih karir sebagai tenaga penjual. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi dalam pemilihan karir tenaga penjual, hal ini berarti bahwa ketiga kelompok karyawan yaitu sales bagian pakaian, bagian makanan dan bagian peralatan memiliki persepsi yang sama terhadap enam indikator persepsi karir sebagai pertimbangan dalam memilih karir.


Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2006, Metode Penelitian Sosial: Teori dan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Ahmad, Azhar Hj., Che Aniza Che Wel, Sallehuddin Mohd Nor, Ishak Abdul Rahman. 2008. Perceptions of Malaysian University Students on Sales ProfessionProsiding Persidangan Kebangsaan Ekonomi Malaysia ke III (PERKEM III) Jilid 1, Daya Tahan Ekonomi Negara: Dasar dan Strategi Pengukuhan. Port Dickson, Negeri Sembilan, 20-22 Ogos 2008

Daft, Richard L. 2006. Manajemen Edisi 6 Jakarta: Salemba Empat Djatnika, Tjetjep dan Ilham Lucky Hartanto. 2011.

Daya Tarik Pekerjaan Menjual di Kalangan Tenaga penjual dan Implikasinya Bagi Pendidik dan Rekruiter, Manajemen Usahawan Indonesia Vol. 40, No. 1: 38-57 Haryono, PM Budi. 2013.

Hubungan Antara Motivasi Awal Tenaga Penjual dan Kinerja Perusahaan, Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika Vol. 1, No. 1: 1-6 Ivancevich, John M., Robert Konopaske, dan Michael T. Matteson. 2006.

Perilaku dan Manajemen Organisasi Edisi Ketujuh, Jakarta: Erlangga Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008.

Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas: Jilid 2, PT. Indeks Mathis, Robert L. dan JohnH. Jackson. 2006.

Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2010.

Manajemen Edisi 10, Jakarta: Erlangga Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III , Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN Yendrawati, Reni. 2007.

Persepsi Tenaga penjual dan Mahasiswi Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Akuntan, Fenomena Vol. 5, No. 2 :176-192, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.