PENERAPAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK MENGURANGI NILAI RMSE PADA PREDIKSI BEBAN PENYULANGAN LISTRIK JANGKA PENDEK

Mayang Sari(1*)

(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan maksud mencari hasil optimal dalam penerapan algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan melakukan optimasi menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) sehingga mengurangi nilai Root Mean Square Error (RMSE) pada prediksi beban penyulangan listrik jangka pendek. Metode prediksi rentet waktu seperti SVM pada dasarnya sudah dianggap cukup untuk memprediksi beban listrik jangka pendek, namun SVM memiliki kelemahan pada sulitnya pemilihan parameter SVM yang optimal, untuk itu diperlukan sebuah metode untuk meningkatkan akurasi dengan menggunakan algoritma PSO.Dilihat dari permasalahn yang ada dalam penelitian ini, maka peneitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan tahapan awal yaitu pengumpulan data, setelah data terkumpul dilanjutkan dengan tahap pengolahan data yang meliputi proses pre-processing, untuk mendapatkan atribut data yang sesuai dengan format algoritma softcomputing. Dilanjutkan dengan tahap eksperimen dan pengujian metode meliputi cara pemilihan arsitektur yang tepat dari model atau metode yang diusulkan sehingga didapatkan hasil yang dapat membuktikan bahwa metode yang digunakan adalah tepat dan diakhiri dengan evaluasi dengan mengamati hasil prediksi menggunakan algoritma softcomputing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. S. Nugroho, A. B. Witarto, dan D. Handoko. 2003. Support Vector Machine Teori dan Aplikasinya dalam Bioinformatika. Ilmu Komputer

B. Santosa. 2006. Tutorial Particle Swarm Optimization. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

D. Kim. 2005. Performance Improvement in Traffic Vision Systems using SVMS. vol. 6, pp. 2589–2599,.

D. Suswanto. 2002. Sistem Distribusi Tenaga Listrik.

E. R. Zerda. 2009. Analisis dan Penerapan Algoritma Particle Swarm Optimization ( PSO ) pada Optimasi Penjadwalan Sumber Daya Proyek Analysis and Implementation of Particle Swarm Optimization ( PSO ) Algorithm on the Optimization of Project

Resource Scheduling Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom Bandung Lembar Pernyataan.

G. J. Syeto and A. Fariza, 2014. Tiruan Metode Kohonen. pp. 1–7.

I. Pranata. 2012. Penerapan Algoritma Wavalet Neural Network untuk Prediksi Beban Listrik Jangka Pendek. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

K. E. dan S. D. Mineral. 2012. Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional 2012-2031.

M. Settles and B. Rylander. 2002. Neural Network Learning using Particle Swarm Optimizers.

P. Liu. 2009. Application of Least Square Support Vector Machine based on Particle Swarm Optimization to Chaotic Time Series Prediction no. 2, pp. 1–5.

S. Ch, N. Anand, B. K. Panigrahi, and S. Mathur. 2013. Neurocomputing Streamflow forecasting by SVM with quantum behaved particle swarm optimization. Neurocomputing, vol. 101, pp. 18–23.

Suhono. 2014. Kajian Perencanaan Permintaan dan Penyediaan Energi Listrik di Wilayah Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.