THE IMPLEMENTATION OF DISCUSSION TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING

Faoyan Agus Furyanto(1*), Supiani Supiani(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penggunaan teknik diskusi dan mengetahui kelebihan dan kekurangan teknik diskusi yang di terapkan oleh guru MTSM 3 Al-Furqon Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Data yang digunakan diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pelaksanaan teknik diskusi dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris dilaksanakan dengan baik berdasarkan dengan teori penggunaan teknik diskusi, yaitu dengan melakukan lima tahapan yang semuanya mencakup kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam pengucapan, tata bahasa, kosa kata, kelancaran dan dalam penggunaan ekspspresi bahasa Inggris yang benar. Dalam penerapan teknik diskusi ini ditemukan beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun yang menjadi kelebihan dalam penggunaan teknik ini adalah: Teknik diskusi dapat mendukung siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, 2) teknik diskusi dapat meningkatkan kondisi kelas menjadi lebih baik, 3) teknik diskusi dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan berbicara bahasa Inggris. Selain kelebihan tersebut, ditemukan beberapa kekurangan yaitu: 1) ada beberapa siswa yang tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, 2) guru sulit mengatur waktu dalam kegiatan diskusi dikelas. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa prosedur yang digunakan dalam penerapan teknik diskusi dilaksanakan dengan tepat dan penerapan teknik diskusi dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris tersebut memiliki lebih banyak kelebihan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barkley EF, Cross KP, Major CH. (2005). Collaborative Learning Techniques. USA: Jossey-Bass

Ellis, R. (1988). The Role of Practice in Classroom Learning: AILA review 5: 20-39

Harmer, Jeremy. (1998). How to Teach English. London: Longman

Lubis, Yusniani. (1988). Developing Communication proficiency in the English As a Foreign Language (EFL) Class. Jakarta : Depdikbud

Meuarta, B. W., & Munir, A. (2013). The Implementation of Group Discussion in Teaching Speaking to the Tenth Grade Students of SMA Negeri 4 Surabaya. RETAIN, 1(3).

Murcia, Marianne Celce. (2004). Teaching English as Second or Foreign Language. USA : Thomson Learning

Nunan, D. (1998). Aproach to Teach Listening in the Language Clasroom. Paper presented at the KoreaTESOL Confrence, Seoul.

Nunan, David. 1992. Collaborative Language Learning and Teaching. Great Britain: Cambridge University Press

Nunan. (1987) Comunicative language teaching: the learner’s view. In K. D. Bikram(Ed), Comunication and learning in the clasroom community, Singapore: SEAMO Regional Language Center.

Ornstein, A. C & Lasley, T. J. (2000). Strategies for Effective Teaching. New York: McGraw-Hill

Thornbury, S. (2005). How to Teach Speaking. New York: Pearson Education Inc

Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. New York: Pearson Education Limited

Ur, Penny. 1981. Discussion that Work. Cambridge: Cambridge University

Ur, Penny. (1996). A course in Language TeachingPractice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press

Ur, Penny. (1998). A course in Language Teaching Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press

Willis, D., & Willis, J. (1996). Chalenge and Change in Language Teaching. Oxford: Heinemann




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.