PENGARUH PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGBERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP KEMAMPUAN KREATIF MAHASISWA

Mohan Taufiq Mashuri(1*), Rr Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Gusti Hadiatus Soleha(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap kemampuan kreatif mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam proses perkuliahan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental research). Desain yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Pre-testandPost-test Design. Pre-test digunakan untuk mengetahui kondisi awal dari kemampuan kreatif mahasiswa sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK). Post-test digunakan untuk mengetahui kondisi akhir yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berdasarkan pada perbandingan hasil Pre-test. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket kemampuan kreatif mahasiswa. Angket disusun untuk mengetahui berbagai aspek kemampuan kreatif mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Melalui penelitian ini diperoleh data yang menunjukkan
bahwa skor rata-rata angket kemampuan kreatif mahasiswa untuk pretest adalah sebesar 84 sedangkan skor rata-rata angket kemampuan kreatif mahasiswa untuk posttest adalah sebesar 99,05. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Uji t menunjukkan t hitung sebesar 0,0015 lebih besar dari α sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap kemampuan kreatif mahasiswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nyoman Retug. (2010). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Sains Kimia di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13-43.

Padilla, K., & Van Driel, J. (2011). The Relationships Between PCK Components: The Cause of Quantum Chemistry Professors. Journal ofChemistry Education Research and Practice. 12, 367-378.

Situmorang, H., & Situmorang, M. (2009). Keefektifan Media Komputer dalam Meningkatkan Penguasaan Kimia Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pengajaran Materi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 45-51.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. London: Allymand Bacon.

Wilyanti Agustina Bangun. (2008). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas II SMA Islam Kodya Malang dalam Memahami Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal PARADIGMA, 25-13




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8078

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.