PERANAN KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA REMAJA DI SMK N 2 BANJARMASIN

Eka Sri Handayani(1*), Laelatul Anisah(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perkembangan anak usia remaja dari keluarga broken home, (2)untuk mengetahui peranan keluargabroken home dalam perkembangan anak usia remaja. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mempunyai latar belakang broken home di SMK N 2 Banjarmasin yang berjumlah 4 siswa. Peneliti juga mengambil data dari Wali Kelas, Guru Mata pelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling di SMK N 2 Banjarmasin. Objek dari penelitian ini adalah peranan keluarga broken home terhadap perkembangan anak usia remaja. Adapuninstrumen pengumpul data: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Sajian Data, (4) Penarikan, (5) Kesimpulan. Hasil penelitian siswa yang berlatar belakang broken home memiliki beberapa perilaku yang menyimpang dan kenakalan remaja, hal ini sangat menggangu kehidupan efektif sehari-hari dan perlu adanya perhatian khusus terhadap siswa tersebut agar dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Adapula siswa yang memiliki perilaku positif karena lingkungan yang sangat mendukung anak tersebut. Pada siswa di SMK N 2 Banjarmasin siswa yang broken home melakukan penyimpangan antara lain sering membolos, prestasi rendah bahkan ada siswa yang menggunakan zinet (zat adiktif seperti narkoba) tetapi ada yang melakukan kegiatan yang positif di bidang ekstrakulikuler.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Gunarsa, Singgih D. 1992. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Purwanto, Edy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Santrok, John W. 2002. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Kuesioner dan Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Willis, Sofyan S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bnadung: Alfabeta.

http://one.indoskripsi.com/click/8970/0

http://www.psikologizone.com/dampak-perceraian-terhadap-anak

http://4ri3e.wordpress.com/2015/8/24/broken-homeso-what-gitoeh-loehh/




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.