ANALISA PENYEBAB KECELAKAAN LALU-LINTAS PADA RUAS JALAN KOTA BANJARMASIN – BATAS KALIMANTAN TENGAH ARAH BARAT

Hudan Rahmani, Robiatul Adawiyah

Sari


Ketidakseimbangan pertumbuhan sarana dan prasarana lalu-lintas mengakibatkan volume lalu-lintas tertus bertambah menjadi lebih besar, hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu-lintas, banyak faktor lain dari penyebab kecelakaan lalu-lintas diantaranya adalah pemakai jalan, aspek fisik dari jalan serta faktor alam dan lingkungan dari jalan tersebut. Pemakai jalan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan lalu-lintas jalan, yaitu terkait dengan perilaku berkendaraan melebihi kecepatan. Pada jalan Kota Banjarmasin batas Kalimantan Tengah arah Kuala Kapuas diperkirakan sering terjadi kecelakaan lalu-lintas karena jalan di daerah tersebut kondisinya sangat bagus dan mulus sehingga pengendara dengan mudah memacu kendaraannya dengan kecepatan yang tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Daerah rawan kecelakaan ada pada: STA 00 + 000 – STA 01 + 000, STA 07 + 000 – STA 08 + 000, STA 15 + 000 – STA 16 + 000 dan STA 16 + 000 – STA 17 + 000, Tipe tabrakan yang terbanyak adalah Samping – Depan, Belakang – Depan dan Lepas Kendali. Umur terlibat kecelakaan yang terbanyak adalah 22 sampai 30 tahun. Dari segi pendidikan yang terlibat kecelakaan terbanyak adalah SLTP. Jenis kelamin yang terlibat kecelakaan terbanyak adalah laki-laki. Profesi yang terlibat kecelakaan terbanyak adalah sopir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beni, S. D. (2001) Analisa Pengaruh Faktor Penyebab Kecelakaan dalam Upaya Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Bagi Pemakai Jalan Tol Surabaya - Gempol, Tesis Program Pasca Sarjana MRT ITS, Surabaya.

Dadang, S (2001) Analisis Kecelakaan dan Keselamatan Kereta Api di Daop VIII Surabaya, Tesis Program Pasca Sarjana MRT ITS, Surabaya.

Dephub (1999) Rekayasa Lalu Lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.POLRI (1997) Laporan Kecelakaan, Kepolisian Resort Kota Palangkaraya, Palangkaraya.

POLRI (1998) Laporan Kecelakaan, Kepolisian Resort Kota Palangkaraya, Palangkaraya.

POLRI (1999) Laporan Kecelakaan, Kepolisian Resort Kota Palangkaraya, Palangkaraya.

POLRI (2000) Laporan Kecelakaan, Kepolisian Resort Kota Palangkaraya, Palangkaraya.

POLRI (2001) Laporan Kecelakaan, Kepolisian Resort Kota Palangkaraya, Palangkaraya.

PU (1979) Manual Penilaian Kondisi Permukaan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

PU (1983) Manual Pemeliharaan Jalan Jilid 1A, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

PU (1997) Indonesian Highway Capacity Manual, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

PU (1997) Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

PU (2000) Survey IRMS, Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya.

Silvia S (1992) Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova Jakarta.

Walpole R.E dan Myers R.H (1985) Probability and Statistics for Engineer and Scientist, Mac Millan Publishing Company, New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.