KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU

Noormahmudah Noormahmudah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kemajuan pendidikan juga ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan sebagai bagian dari fungsi manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Kesuksesan kepemimpinan kepala sekolah dalam aktivitasnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat menunjang untuk berhasilnya suatu kepemimpinan diantaranya, tujuan akan tercapai apabila terjadinya keharmonisan dalam hubungan atau interaksi yang baik antara atasan dengan bawahan, Di samping dipengaruhi oleh latar belakang yang dimiliki pemimpin, seperti motivasi diri untuk berprestasi, kedewasaan dan keleluasaan dalam hubungan sosial dengan sikap-sikap hubungan manusiawi. Jadi kepemimpinan akan efektif apabila dalam mengelola sekolah seorang sosok pemimpin mampu menjadi teladan terhadap bawahannya. Proses pembelajaran guru dipandang  memiliki peran penting terutama dalam membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya dalam kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, guru juga berupaya untuk membangkitkan rasa ingin tahu, mendorong kemandirian dan ketepatan logika intelektual, serta menciptakan kondisi-kondisi untuk sukses dalam belajar. Selain itu untuk  Kinerja guru dapat dilihat dan diukur dari sisi spesifikasi/kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. dapat ditampilkan melalui penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Kepemimpinan  kepala sekolah dan motivasi kerja kepala sekolah berpengaruh besar untuk meningkatkan kinerja dapat dilihat dari tanggungjawabnya menjalankan tugas profesi yang diembannya, kepatuhan dan loyalitasnya di dalam menjalankan tugas keguruan sebagai guru. Selain itu kepala sekolah juga harus memahami gaya-gaya kepemimpinan. Empat gaya kepemimpinan, yakni gaya kepemimpinan otoriter, Pseudo demokratis, gaya kepemimpinan laisez faire (gaya bebas) dan gaya kepemimpinan demokratis. Dan kepala sekolah juga membutuhukan kompetensi-kompotensi fleksibility, change impelementation, interpersonal understanding, empowering, team facilitation, dan portability.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yusnidar. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2014 VOL. XIV NO. 2, 320-349. Diakses dari: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/506

Abdullah, M. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan.190-198. ISSN 1412-565 X e-ISSN 2541-4135. Diakses dari: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/9612

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Diakses dari: http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Junaidi, D. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna Volume 2 No 1 januari.

Uray Iskandar. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan. Diakses dari : http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Vonny Angeli Sudharta. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) 1 (3) 208-217. Diakses dari : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kepemimpinan+kepala+sekolah&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DPWnHSVVU71wJ

Pianda, Didi. (2018). Kinerja Guru, kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala sekolah.Juli2018.Diaksesdari:https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=d7VsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=artikel+tentang+kepemimpinan&ots=gpxs9eIdT0&sig=hla4lPRwlnORfYNyktGfvAhI0C0

Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Diakses dari : https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/8931

Nasution. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan. Diakses dari : http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/6

Ekosiswoyo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Diakses dari : http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/24

Puspitasari. (2019). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Diakses dari : https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/4036




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4711

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.