PENINGKATAN EFEKTIVITAS PROSES PEMUATAN BATUBARA MELALUI PENAMBAHAN BELT FEEDER BERBASIS VARIABLE SPEED DRIVE

Bhimayastra Nugraha Primayoga(1*), Irfan Irfan(2)

(1) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan efektivitas proses pemuatan  batubara melalui penambahan belt feeder berbasis variable speed drive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas yang dicapai dalam pemenuhan target desain konveyor 2000 tph dengan adanya pengaturan menggunakan Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive, kemudian mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive dibandingkan dengan menggunakan sistem gerbang bertahap dalam pengaturan banyaknya batubara pada konveyor utama, selain itu juga untuk mengetahui tingkat efisiensi pemakaian daya listrik dari adanya penambahan unit Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive dibandingkan dengan peningkatan produktivitas yang dihasilkan dengan adanya penambahan Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive pada PT. Antang Gunung Meratus site Sungai Puting. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yaitu melakukan pengambilan sampel yang diteliti menggunakan peralatan ukur dan meneliti data kuantitatif serta menguji dan membuktikan hipotesis yang sudah ditentukan. Dengan penambahan Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive memang belum dapat dikatakan efektif dalam tujuan pencapaian target dikatakan efektif dalam tujuan pencapaian target desain di 2000 tph karena pencapaian hanya pada 1848 tph. Namun dapat meningkatkan produktivitas sebesar 66,5% dari produktivitas sebelumnya, selain itu juga dapat membantu pengaturan jumlah masuknya batubara pada konveyor utama dan menghilangkan permasalahan yang terjadi pada saat aplikasi gerbang bertahap. Dengan penambahan Belt Feeder berbasis Variable Speed Drive menimbulkan penambahan biaya untuk pemakaian daya sebesar 10% namun ini sebanding dengan adanya peningkatan produktivitas sebesar 66,5%.


Kata Kunci


Efektivitas, Belt Feeder,Variable Speed DriveI,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Sumber, 100(100), 2-59

Guo, J., Roberts, A. W., Jones, M., & Robinson, P. (2022). Bulk solids flow at the hopper feeder interface with special plane flow configuration. Powder Technology, 403, 117372.

Yusuf. (2022). Sistem Kendali Dan Monitoring Kecepatan Belt Conveyor Serta Total Produksi Menggunakan PLC Dan HMI (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Erinofiardi, E. (2012). Analisa Kerja Belt Conveyor 5857-V Kapasitas 600 Ton/Jam. Jurnal Rekayasa Mesin, 3(3), 450-458.

Zamri, A., & Yetri, Y. (2020). Modifikasi Kapasitas Belt Conveyor dari Kapasitas 400 Ton/Jam Menjadi 600 Ton/jam di Indarung IV PT. Semen Padang. Manutech: Jurnal Teknologi Manufaktur, 12(02), 112-120.

Sumanto,Drs.(1993). Motor Listrik Arus Bolak-Balik.Yogyakarta,43.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13839

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.