MONITORING PENGENDALIAN WAKTU, BIAYA, DAN PROGRES PEKERJAAN DENGAN LAPORAN KEMAJUAN PEKERJAAN DAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE

Rida Respati(1*), Reno Hampe Hio(2), Noviyanthy Handayani(3)

(1) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(2) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(3) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
(*) Corresponding Author

Sari


Proyek Pembangunan Asrama Mahasiswa Barito Utara di Palangka Raya merupakan bangunan milik pemerintahan Kabupaten Barito Utara. Dimana dalam melaksanakan pekerjaan suatau proyek ini memerlukan adanya manajemen proyek yang baik sehingga proyek dapat berjalan dengan baik sesuai dengan waktu dan biaya yang telah direncanakan. Earned Value merupakan metode pengendalian biaya dan jadwal proyek secara terpadu dikarenakan memberiikan informasi prediksi biaya yang dibutuhkan dan waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan berdasarkan indikator kinerja. Serta melakukan monitoring progres dengan bobot pekerjaan yang telah terlaksana dilapangan dengan laporan kemajuan pekerjaan. Dari hasil analisa dan monitoring yang dilaksanakan sampai dengan minggu ke – 14./1Diketahui biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp 2.049.567.987,86 dengan bobot pekerjaan yang telah terlaksana yaitu 63,79 % . cost performance index (CPI) 2,12 yaitu >1, Schedule Performance index (SPI) 1,30 yaitu/1>1, Estimate Temporary Schedule (ETS) yaitu 70 Hari Kalender. Estimate All Schedule (EAS) 168 hari Kalender.


Kata Kunci


Waktu, Biaya, Progres pekerjaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Purnomo, Meriana Wahyu Nugroho, Totok Yulianto, Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek Gedung SMK Dwija Bhakti Jombang Dengan Menggunakan Metode Earned Value. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. (2019).

Andi Marini Indriani, Gunaedy Utomo, Muhammad Rizqy, Analisis Kinerja Waktu Dan Biaya Proyek Konstruksi Dengan Metode Earned Value Analysis. Prodi Teknik Sipil,Universitas Balikpapan.

Afan Agung Kuspriyantoro, Adi Utomo. (2022) Analisis Keterlambatan Pekerjaan Pada Proyek Pembangunan Gedung Drul Huda Ponorogo Dengan Metode Earned Value. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

B. Zakariyya, A. Ridwan, Suwarno. (2020) Analisis Biaya Dan Jadwal Proyek Pembangunan Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek Dengan Metode Earned Value. Fakultas Teknik, Universitas Kadiri.

Brian Alvandi, Ria Rosyati, Jeri Sudarmanta. (2020) Evaluasi Proyek Menggunakan Metode Earned Value Analysis Studi kasus Pada Proyek Pembangunan Tambah Ruang Kelas SMPN 17 Tanggerang Selatan. Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Bima Adnanta, Wateno Oetomo, Risma Marleno. (2022). Analisis Biaya Proyek Pembangunan Dermaga PTIF Dengan Metode Earned Value. Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dedy Asmaroni, Aldi Setiawan. (2020) Penggunaan Metode Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Terhadap Biaya Dan Waktu Pada Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan. (Studi Kasus Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan PT. Graha Praja Kencana Di Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Teknik Sipil, Universitas Madura. (2022)

Karimah Nur Sakinah. Analisis Kinerja Biaya Dan Waktu Menggunakan Metode Earned Value Dan Earned Schedule Pada Proyek Pembangunan Villa Pasir Angin Puncak – Bogor. Universitas Pancasila. (2021)

Mardiaman, Johnny Siregar. Analisis Deviasi Kemajuan Pekerjaan Berdasarkan Persentase Durasi Waktu Pada Pekerjaan Konstruksi Bangunan. Universitas Tama Jagakarsa, Jalan Jenderal TB Simatupang No. 152 Jakarta Selatan, Indonesia. (2023)

Nurcaweda Riztria Adinda, Ade Arifianto. Analisis Biaya Dan Waktu Pada Proyek Peremajaan Kantor Menggunakan Metode Earned Value. Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung. (2020)

Noor Ida Hayati, Dede Lugi. Evaluasi Biaya Dan Waktu Dengan Metode Earned Value Management (Studi Kasus : Ruko Damara Village, Kel. Ciparigi, Kota Bogor). Program Studi Teknik Sipil, Universitas Ibn Khaldun Bogor. (2020)

Rifqi Auzan N, Damar Rizky S, Suharyono, Frida Kistiani. Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. (2017).

Rudi Desmanto dan Hendrik Sulistio Perancangan Otomatis Perhitungan Earned Value Pada Proyek Pembangunan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman C#. Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Universitas Tarumanagara, JL. Letjen S. Parman No. 1 Jakarta. (2021)

Samsuriadi. Analisis Kinerja Biaya Dan Waktu Dengan Metode Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Pada Pekerjaan Pembangunan Perumahan Mandiri 2 Samarinda. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. (2021)

Yoseph Momao, Triwuryanto, Rizal Maulana. Analisis Kinerja, Waktu Dan Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Hotel Dengan Metode Earned Value. Program Studi Teknik Sipil, FTSP, ITNY, Yogyakarta. (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13838

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.