PENDAMPINGAN PENGAWASAN REHAB BANGUNAN SEKOLAH MADRASAH TASRIHUL ISLAM KABUPATEN BANJAR

Tezar Aulia Rachman(1*), Eka Purnamasari(2), Hendra Cahyadi(3)

(1) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Peningkatan infrastruktur melalui alokasi dana dari pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat semakin banyak dilakukan di setiap daerah. Salah satu pendanaan yang diberikan adalah peningkatan infrastruktur sekolah sekolah Seiring dengan upaya tersebut, sekolah bersama perangkatnya diharapkan bisa menjadi perantara berjalannya program peningkatan infrastruktu. Mereka dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menjalankan kegiatan teknis pelaksanaan pembangunan di lapangan. Dalam kegiatan peningkatan/rehabilitasi sekolah, pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan fisik adalah hal yang sangat penting dan harus dikuasai agar pembangunan dapat berjalan sesuai biaya, mutu dan waktu yang efektif dan efisien serta dapat dipertanggungjawabkan. Madrasah Tasrihul Islam yang berlokasi di Desa Sungai Kupang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar sebagai mitra yang bekerjasama dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini telah dididampingi melalui kegiatan pendampingan pengawasan rehab bangunan sekolah. Pekerjaan fisik yang dilakukan adalah rehab ruang kelas dan kantor.


Kata Kunci


rehab, biaya, mutu, waktu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar., 2021. Kabupaten Banjar dalam Angka.

JDIH Kementerian PUPR., Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor : 28/Prt/M/2016 Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

Cahyadi, H., & Atmojo, S. P. (2022). Analisis Biaya Siklus Hidup Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Tapin. Paduraksa: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 11(1), 24-32.

Nidaur Rahmah., 2019. Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB), RAP, dan Contoh Format RAB Pekerjaan Konstruksi.

Purnamasari, E, et all. 2023. Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dilingkungan Madrasah Tasrihul Islam Kabupaten Banjar. Jurnal Peti Kemas 1,1.22-27

Purnamasari, E., Gazali, A., Adawiyah, R., Fathurrahman, F., Ridzeki, F., Rachman, T. A., ... & Eliatun, E. (2022). Wujudkan Peningkatan Infrastruktur Lingkungan Desa Dengan Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Kemandirian Dan Kecerdasan Masyarakat Di Kelurahan Sungai Kupang. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB, (1).

Rahman, T. A., & Abdurrahman, A. (2020). Penyuluhan Tentang Pembangunan Rumah Di Atas Tanah Rawa Pasang Surut Untuk Mengurangi Dampak Luapan Air Permukaan Di Kota Banjarmasin. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13796

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.