KAJIAN AWAL BETON GEOPOLIMER RAMAH LINGKUNGAN DIDAERAH RAWA GAMBUT

Eka Purnamasari(1*)

(1) Program Studi Doktor Teknik Sipil, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


Fly ash atau abu terbang merupakan material yang berwarna keabu-abuan, memiliki ukuran butir yang halus, dan diperoleh dari hasil residu pembakaran batubara. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun mnyebutkan bahwa fly ash dikategorikan sebagai bahan B3. Menurut dari penelitian yang telah dilakukan, fly ash terbukti dapat meningkatkan kekuatan dari beton.Pesatnya perkembangan pada perkerasan jalan akan memerlukan bahan yang lebih banyak. Dengan ini dapat di kaji lebih lanjut dengan mengkomposisikan atau mengganti sebagian semen portland dengan Fly ash. Dengan menggunakan Fly ash diharapkan limbah batubara ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Berdasarkan uraian diatas maka yang belum dilakukan dan didapat oleh penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan parameter perancangan campuran dan perilaku mekanik beton geopolimer sebagai berikut: Parameter bahan susunan beton geopolimer yang dapat digunakan di lahan rawa gambut; Pengaruh Variasi fly ash terhadap kuat tekan beton geopolimer di lahan rawa gambut; Mengetahui Pengaruh kuat tekan terhadap kuat belah, kuat lentur, kuat geser, modulus elastisitas, kuat lekatan beton geopolimer yang dapat digunakan di lahan rawa gambut.


Kata Kunci


geopolymer, gambut, flyash, beton

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Mardiah, R., Kamaldi, A., & Olivia, M. (2018). Porositas Beton Blended Abu Terbang (Fly Ash) sebagai Substitusi SEMEN di Air Gambut. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik dan Sains, 5, 1-5.

Purnamasari, E., Saukani, M., & Ridzeki, F. (2021). Pengaruh Air Lahan Gambut di Kalimantan Selatan Terhadap Beton Porous dengan Penambahan Fly Ash. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 5(2), 215-224.

Putra, W. A., Olivia, M., & Saputra, E. (2020). Ketahanan Beton semen Portland Composite cement (PCC) di lingkungan gambut kabupaten Bengkalis. Jurnal Teknik, 14(1), 27-34.

Sitompul, I. R. (2016). Kuat tekan dan porositas beton semen OPC, PCC, dan OPC POFA di lingkungan gambut (Doctoral dissertation, Riau University).

Purnamasari, E., Adawiyah, R., Rachman, T. A., Fathurrahman, F., Eleanor, F., & Riansyah, T. (2023). Pengaruh Fly Ash Dan Air Gambut Terhadap Porositas Dan Kuat Tekan Beton Porous Di Kalimantan Selatan. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 5(2), 527-536.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.