PENGARUH SUPELTAS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JALAN DAHLIA - JALAN CEMPAKA BESAR KOTA BANJARMASIN

Robiatul Adawiyah(1*), Abdurrahman Abdurrahman(2), Muhammad Muhammad(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Perkembangan prasarana transportasi yang tidak seimbang dibanding dengan laju pertambahan kepemilikan kendaraan bermotor merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya kinerja suatu ruas jalan dan simpang. Salah satu simpang yang mengalami penurunan kinerjanya adalah simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Cempaka Besar Kota Banjarmasin. Di kota Banjarmasin, supeltas menjadi sorotan publik karena perannya membantu dalam mengatasi kemacetan. Namun disisi lain, ada hal lain yang muncul terkait dengan sukarela. Beberapa pengguna jalan mengatakan bahwa supeltas memprioritaskan pengguna jalan yang memberi mereka bayaran. Supeltas dianggap juga sebagai salah satu penyebab kemacetan karena dianggap tidak memahami aturan lalu lintas. Perhitungan kinerja simpang menggunakan software KAJI 1997. Hasil dari analisis yang dilakukan maka didapat hasil kinerja simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Jalan Cempaka Besar dengan adanya supeltas mempunyai tundaan rata rata simpang (D) sebesar 12.95 detik/smp, peluang antrian sebasar (QP) 49%, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,70 dengan tingkat pelayanan C, sedangkan kinerja simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Jalan Cempaka Besar dengan tanpa adanya supeltas mempunyai tundaan rata rata simpang (D)  sebesar 14.41 detik/smp, peluang antrian (QP) sebasar 58%, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86 dengan tingkat pelayanan D.


Kata Kunci


Lalu Lintas, Jalan, Tak Bersinyal, Supeltas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta

Hobbs, F.D., (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Rekayasa Lalu Lintas di Jalan, 6 Maret 2006, Jakarta

Radam, Iphan F. dan Lestari, Utami S., (2018). Perancangan Rekayasa Lalu Lintas Menggunakan Software KAJI, Laporan Pengabdian Masyarakat, Program Studi Magister Teknik Sipil, Univ. Lambung Mangkurat. Banjarmasin




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.