PENGARUH SUPELTAS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JALAN DAHLIA - JALAN CEMPAKA BESAR KOTA BANJARMASIN
(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Adhayksa No 2 Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Perkembangan prasarana transportasi yang tidak seimbang dibanding dengan laju pertambahan kepemilikan kendaraan bermotor merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya kinerja suatu ruas jalan dan simpang. Salah satu simpang yang mengalami penurunan kinerjanya adalah simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Cempaka Besar Kota Banjarmasin. Di kota Banjarmasin, supeltas menjadi sorotan publik karena perannya membantu dalam mengatasi kemacetan. Namun disisi lain, ada hal lain yang muncul terkait dengan sukarela. Beberapa pengguna jalan mengatakan bahwa supeltas memprioritaskan pengguna jalan yang memberi mereka bayaran. Supeltas dianggap juga sebagai salah satu penyebab kemacetan karena dianggap tidak memahami aturan lalu lintas. Perhitungan kinerja simpang menggunakan software KAJI 1997. Hasil dari analisis yang dilakukan maka didapat hasil kinerja simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Jalan Cempaka Besar dengan adanya supeltas mempunyai tundaan rata rata simpang (D) sebesar 12.95 detik/smp, peluang antrian sebasar (QP) 49%, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,70 dengan tingkat pelayanan C, sedangkan kinerja simpang tiga tak bersinyal Jalan Dahlia – Jalan Cempaka Besar dengan tanpa adanya supeltas mempunyai tundaan rata rata simpang (D) sebesar 14.41 detik/smp, peluang antrian (QP) sebasar 58%, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86 dengan tingkat pelayanan D.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta
Hobbs, F.D., (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Rekayasa Lalu Lintas di Jalan, 6 Maret 2006, Jakarta
Radam, Iphan F. dan Lestari, Utami S., (2018). Perancangan Rekayasa Lalu Lintas Menggunakan Software KAJI, Laporan Pengabdian Masyarakat, Program Studi Magister Teknik Sipil, Univ. Lambung Mangkurat. Banjarmasin
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13793
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.