EVALUASI SALURAN DRAINASE KELURAHAN SUNGAI BESAR DAN SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU

Maylinda Anggraini(1), Muhammad Arif Budiman(2), Hana Nabilah(3), Tassya Amelia Puteri(4), Elma Sofia(5), Novitasari Novitasari(6*)

(1) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(4) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(5) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(6) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Kota Banjarbaru merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang mengalami pesatnya perkembangan dan pertumbuhan baru. Namun, pertumbuhan ini menimbulkan banyak permasalahan, salah satunya adalah banjir dan genangan air. Tujuan dari penelitian tersebut adalah melakukan evaluasi terhadap saluran drainase di Kelurahan Sungai Besar dan Sungai Ulin Kota Banjarbaru guna mengatasi permasalahan banjir dan genangan air yang terjadi di kota tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sungai Besar dan Sungai Ulin, Kota Banjarbaru dengan menggunakan 2 data yaitu Data Sekunder dan Data Primer. Data Primer yang digunakan adalah Data curah hujan 20 tahun serta peta jaringan drainase, dan Data Sekunder yaitu Menghitung curah hujan rerata, curah hujan rancangan, intensitas hujan, waktu konsentrasi, koefisien aliran, debit banjir, mendesain saluran serta evaluasi Saluran Drainase. Hasil dari penelitian ini adalah diperlukannya penggantian dimensi karena tidak mampu menampung air yang masuk. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perbaikan dan desain ulang saluran drainase guna mengurangi banjir dan genangan air disarankan untuk melakukan perbaikan dan desain ulang saluran drainase guna mengurangi banjir dan genangan air di Kota Banjarbaru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kedua saluran tersebut memerlukan penggantian dimensi karena tidak mampu menampung air yang masuk, maka diperlukan perbaikan dan desain ulang saluran untuk mengurangi banjir tersebut.


Kata Kunci


Banjir, Evaluasi Saluran Drainase, Sungai Besar, Sungai Ulin, Kota Banjarbaru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitriati, U., Wardhana, H., & Sofia, E. (2022). Evaluasi Perancangan Sistem Drainase pada Proyek Pasar Bauntung Banjarbaru. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 7, No. 3).

Harisnor, A., & Amalia, M. (2016). Analisa Parameter Hidraulik Pada Sungai Veteran Kota Banjarmasin. POROS TEKNIK, 8(2), 97-103.

Jifa, A. N., Susanawati, L. D., & Haji, A. T. S. (2019). Evaluasi Saluran Drainase di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 6(1), 9-17.

Kurdi, H., & Zairin, A. (2013). Studi Drainase Berwawasan Lingkungan untuk Jalan Pangeran Antasari Banjarmasin. INFO-TEKNIK, 14(2), 126-136.

Nashrullah, E. (2023). Analisis Karakteristik Curah Hujan di Wilayah Kabupaten Banjar. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 12(1), 19-26.

Parse, F. A. (2018). Perencanaan Saluran Drainase dengan Analisis Debit Banjir Metode Rasional (Studi Kasus Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar). Jurnal Perencanaan, Sains dan Teknologi (JUPERSATEK), 1(2), 31-43.

Putra, R. P., & Amalia, M. (2022). Studi Karakteristik Hidrolik Saluran Drainase Ruas Jalan A. Yani Km. 29–Km. 36 Banjarbaru. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 11(01), 41-46.

Sholichin, M. (2012). LIMPASAN AIR HUJAN (RUNOFF)

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi.

Suroso, S., Suharyanto, A., Anwar, M. R., Pudyono, P., & Wicaksono, D. H. (2014). Evaluasi Dan Perencanaan Ulang Saluran Drainase Pada Kawasan Perumahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Rekayasa Sipil, 8(3), 20

Wicaksono, D. P., Harijianto, D., & Jannah, N. 2020. Analisis Dan Evaluasi Sistem Drainase (Studi Kasus: Ruas Jl. Coklat, Kel. Bongkaran Kec. Pabean Cantikan, Kota Surabaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.