EVALUASI KINERJA DRAINASE KECAMATAN LIANG ANGGANG DAN CEMPAKA DALAM MENYALURKAN DEBIT AIR LIMPASAN MENGGUNAKAN METODE RASIONAL

Fathimah Az-Zahro Mahmud(1), Salma Raissa Azalia Putri(2), Rizki Ayu Wulandari(3), Bela Sapitri(4), Eddy Nashrullah(5), Endah Widiastuti(6*)

(1) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(4) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(5) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(6) Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Drainase merupakan bangunan air yang sangat penting untuk dapat mengalirkan kelebihan air yang ada dari suatu wilayah ke badan penerima air. Perkembangan infrastruktur pada Kecamatan Liang Anggang dan Cempaka mempengaruhi fungsi drainase yang ada di wilayah tersebut. Sehingga perlu dilakukan evaluasi kinerja drainase. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui kondisi saluran drainase ekesisting dan mengetahui mampu atau tidaknya saluran drainase eksisting dalam menampung debit rancangan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rasional. Metode ini memiliki empat jenis distribusi yang banyak digunakan dalam bidang hidrologi yaitu Distribusi Normal, Log Normal, Log Person III, dan Gumbel. Selain itu, ada beberapa parameter statistic yang berkaitan dengan analisis data. Metode rasional dilakukan pada perhitungan debit rancangan dengan intensitas hujan, koefisien pengaliran, dan luas wilayah. Hasil yang didapat adalah debit rancangan berdasarkan data curah hujan satelit serta mampu atau tidaknya saluran drainase Kecamatan Liang Anggang dan Kecamatan Cempaka dalam menampung debit rancangan. Terdapat 2 titik lokasi di Kecamatan Liang Anggang yang harus dilakukan desain ulang. Redesain dapat dilakukan dengan mengubah dimensi agar lebih ekonomis, karena nilai debit eksisting 2 titik tersebut lebih kecil dibanding debit rancangannya.


Kata Kunci


Evaluasi, Kinerja, Drainase, Metode Rasional, Debit, Kecamatan Liang Anggang, Kecamatan Cempaka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Fairizi, J. S. Negara, B. Palembang, Dan S. Selatan, “Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang,” 2015.

H. Kurdi Dan N. Novitasari, “Evaluasi Terhadap Aspek Hidrologi Pada Kawasan Rencana Pengembangan Kota Di Kota Balangan,” Jurnal Teknologi Berkelanjutan, Vol. 9, No. 02, Hlm. 96–109, 2020.

R. P. Putra Dan M. Amalia, “Studi Karakteristik Hidrolik Saluran Drainase Ruas Jalan A. Yani Km. 29–Km. 36 Banjarbaru,” Jurnal Teknologi Berkelanjutan, Vol. 11, No. 01, Hlm. 41–46, 2022.

D. Fairizi, “Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang,” Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, Vol. 3, No. 1, Hlm. 755–765, 2015.

H. G. Pania, H. Tangkudung, L. Kawet, Dan E. M. Wuisan, “Perencanaan Sistem Drainase Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi,” Jurnal Sipil Statik, Vol. 1, No. 3, 2013.

U. Fitriati, H. Wardhana, Dan E. Sofia, “Evaluasi Perancangan Sistem Drainase Pada Proyek Pasar Bauntung Banjarbaru,” Dalam Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 2022.

A. Y. Qurniawan, “Perencanaan Sistem Drainase Perumahan Josroyo Permai Rw 11 Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar,” Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.

E. Nashrullah, “Analisis Karakteristik Curah Hujan Di Wilayah Kabupaten Banjar,” Jurnal Teknologi Berkelanjutan, Vol. 12, No. 1, Hlm. 19–26, 2023.

E. Sofia Dan M. Amalia, “Analisis Karakteristik Curah Hujan Di Kota Banjarbaru Berdasarkan Data Stasiun Klimatologi Banjarbaru,” Jurnal Teknologi Berkelanjutan, Vol. 10, No. 01, Hlm. 36–41, 2021.

D. S. Krisnayanti, E. E. Hangge, Dan Y. C. D. Sae, “Koefisien Limpasan Permukaan Pada Embung Kecil Di Ttu, Belu, Malaka Dan Sabu-Raijua,” Jurnal Teknik Sipil, Vol. 9, No. 1, Hlm. 113–126, 2020.

T. Herdiaprila Dan E. Hartati, “Penentuan Koefisien Limpasan Rata-Rata (Cr) Pada Tata Guna Lahan Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung,” Jurnal Serambi Engineering, Vol. 8, No. 2, 2023.

E. D. Islamiyah, A. Idris, Dan M. Mursalin, “Ketelitian Penggunaan Metode Empiris Untuk Menentukan Debit Banjir Rancangan Di Das Merangin Tembesi,” Universitas Jambi.

F. A. Siregar, A. P. M. Tarigan, Dan M. Faisal, “Analisis Kondisi Banjir Di Kampus Usu Berbasis Hecras Dan Gis,” Jurnal Syntax Admiration, Vol. 3, No. 1, Hlm. 109–121, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.13783

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.