PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN STUDI PADA THREELIGHTS CAKES DI BANJARMASIN

Maysheila Maysheila(1*), Kurniaty Kurniaty(2), Fanlia Adiprimadana S(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Three Lights Café & Resto merupakan usaha yang berdiri pada 2012 yang bergerak di bidang restoran dengan menu makanan berat dan juga dessert. Akan tetapi, kegiatan pemasaran yang dijalankan hanya melakukan kegiatan promosi kecil dengan mencetak brosur kecil dan promosi di media sosial seperti di Instagram. Walaupun berlokasi di tempat strategis, namun banyak dampak negatif yang muncul. Maka diperlukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran yang efektif sehingga meningkatkan jumlah penjualan di Threelights Cakes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan teknik analisis SWOT.. Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pemasaran yang dijalankan selama ini lebih bersifat kegiatan promosi terbatas seperti berpromosi di dunia maya tanpa melakukan kegiatan lainnya seperti menjalankan kegiatan marketing mix yaitu product, price, place, dan promotion. Terkesan bahwa Threelights Cakes kurang luas keilmuannya untuk menerapkan strategi pemasarannya, dan 2) Strategi pemasaran yang dapat dijalankan oleh manajemen Threelights Cakes adalah berdasarkan analisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap produk, harga, tempat dan promosi. Selain itu, manajemen Threelights Cakes juga menentukan segmen pasar mana yang akan dimasuki apakah mutlak hanya kalangan menengah ke atas atau semua kalangan dan pilihan yang terbaik adalah tetap memprospek kalangan menengah ke atas namun tetap membidik semua kalangan.


Kata Kunci


Analisis SWOT; Café; Penjualan; Strategi Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atika, N. (2020). Modifikasi Kue Ogura Buah Naga Tepung Mocaf (Doctoral dissertation, Institut Pertanian Bogor).

Azka, L. (2022). Pemanfaatan Sisa Produksi Sponge Cake Menjadi Sweet Berry Dessert di The Bountie Hotel and Convention Centre Sukabumi (Doctoral dissertation, Institut Pertanian Bogor).

Milu, T. C. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA BUBUR AYAM KALEKTORAN H. ZENAL KOTA TASIKMALAYA (Doctoral

dissertation, Universitas Siliwangi).

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pusat Utama.

Syarbini, M. Husin. (2014). Cakepreneur Panduan Meningkatkan Keterampilan dan Bekal Menjadi Pengusaha Cake. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tjiptono, Fandy. (2015). Stategi Pemasaran (4th ed). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widyarini, A., Puspita, R., Candrasari, A., Purwanto, E. O., & Putra, N. Y. A. (2022). Strategi Dan Peranan Kitchen Untuk Meningkatkan Oprasional Di Hotel Best Western Premier The Hive Cawang, Jakarta Timur. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital dan Manajemen, 1(1), 36-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12539

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.